{JALUR MAGANG IT} PERANCANGAN UIUX APLIKASI DEAGLE E-LEARNING APP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT INDONESIA

Fadillah, Shady Arya (2024) {JALUR MAGANG IT} PERANCANGAN UIUX APLIKASI DEAGLE E-LEARNING APP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Literasi digital merupakan keterampilan individu dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif untuk mencari, menganalisis, mengevaluasi, dan menyebarkan Informasi[1]. Menurut Dr. Rahma seorang Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga literasi digital terbagi menjadi 2 aspek penting, yang pertama adalah kemampuan masyarakat dalam menggunakan informasi dan teknologi digital dalam beragam bentuk/format, dan yang kedua adalah kemampuan untuk menciptakan informasi dan mengevaluasinya dengan kritis[2]. Pada saat penyelenggaraan Indeks Literasi Digital tahun 2021 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Katadata Insight Center (KIC), indeks literasi digital Indonesia mendapatkan skor 3,49, dimana skor 3,49 itu terdapat peningkatan indeks literasi digital Indonesia dari tahun sebelumnya yang mendapatkan skor 3,46[3]. Namun demikian, tingkat literasi digital di Indonesia hanya sebesar 62% dengan indeks skor 3,54 dari skala penilaian 1-5, dimana jumlah tersebut paling rendah dibanding negara ASEAN lainnya yang sudah mencapai rata-rata 70% pada tahun 2023[4]. Design Thinking merupakan metode yang berfokus pada pengguna untuk melihat apa yang dibutuhkan dalam menggunakan sebuah aplikasi[6]. Design Thinking digunakan dalam perancangan aplikasi Deagle E-Learning App karena metode ini dapat membantu memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna. Alur pengembangan produk para perancangan ini mengacu pada tahapan-tahapan Design Thinking yaitu, Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test, juga ditambah tahapan Coding Frontend dan Test Coding Frontend sebagai syarat pengerjaan tugas akhir. Pembelajaran berbasis elektronik (elearning) adalah salah satu cara untuk meningkatkan literasi digital[5]. Dalam rangka menciptakan solusi meningkatkan literasi digital, juga sebagai penyelesaian final project dalam kegitan Studi Independen Kampus Merdeka di Skilvul, dibuatlah perancangan UIUX Aplikasi Deagle E-Learning App ini, yang diharapkan dapat meningkatkan literasi digital bagi penggunanya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, E-Learning, UIUX, Design Thinking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:30
Last Modified: 18 Jun 2025 06:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item