Ekasari, Ayu Astri (2025) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DI SEKOLAH INFORMAL SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam konteks pendidikan berbasis keluarga di Sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. Sekolah ini mengadopsi pendekatan pendidikan merdeka yang menekankan keterlibatan aktif orang tua dalam pembelajaran, berbeda dari sistem pendidikan formal yang lebih kaku dan berpusat pada guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan analisis dokumentasi yang melibatkan empat informan, yaitu orang tua dari siswa di berbagai jenjang pendidikan SALAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi sirkular yang melibatkan umpan balik aktif antara orang tua dan anak berperan penting dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan akademis anak. Keberhasilan pola komunikasi sirkular adanya perubahan sikap anak yang menjadi lebih mendekatkan diri kepada orang tua dengan bercerita, mengadu, berkeluh sehingga adanya kesediaan menerima umpan balik dan menjaga keterbukaan dalam komunikasi orang tua dengan anak. Orang tua yang terlibat secara intens dalam kegiatan sekolah dan rumah cenderung membangun keterbukaan, empati, dan dukungan yang kuat. Hal ini menciptakan hubungan yang harmonis dan saling percaya, memungkinkan anak untuk lebih bebas mengekspresikan diri dan menghadapi tantangan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pola komunikasi interpersonal yang baik menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan berbasis keluarga yang holistik, relevan, dan mendukung pembentukan karakter anak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Pendidikan Berbasis Keluarga, Sekolah Sanggar Anak | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2025 01:31 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2025 01:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |