Paramudita, Faqi Dharma (2025) {SKEMA ARTIS} PENERAPAN MONTAGE EISENTEIN DAN TEORI CONTINUITY EDITING DALAM VIDEO DOKUMENTER AFTERTRASH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
Abstract
Pembuatan film ini dirancang untuk menunjukkan hasil pada sampah yang telah dibuang dan bagaimana sampah tersebut menjadi alasan untuk menghasilkan berbagai respons dari berbagai kelompok masyarakat, dengan beragam reaksi yang sesuai dengan penjelasan DeFleur (1970) mengenai model komunikasi stimulus, organisme, dan respons. Film ini memiliki tujuan untuk menunjukan perilaku setiap individu dalam menanggapi isu sampah pada saat penutupan TPST Piyungan di Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis yang berperan sebagai editor dalam pembuatan dokumenter, selain itu penulis juga mengembangkan karya melalui pendekatan ekspositori dan observasional guna lebih bebas dalam mengubah narasi ke dalam bentuk visual, sehingga pesan yang disampaikan lebih efektif melalui kombinasi kedua pendekatan tersebut. Penelitian ini menjelaskan tentang kontribusi strategis editor video dalam menciptakan narasi yang koheren, memilih gambar yang sesuai, dan menggunakan elemen sinematik seperti musik, ritme, dan pencahayaan untuk meningkatkan dampak emosional. Dalam membuat alur cerita editor mengemas fakta ilmiah dan data statistik yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami dan relevan bagi audiens. Selain itu dalam proses pengeditan film dokumenter dapat dijelaskan melalui dua gaya metode edititng dari montage einstein dan continuity editing yang memiliki guna untuk memaksimalkan karya dokumenter ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Dokumenter, Ekspositori, Observasional, Sampah, Editor, Emosi, Montage Einstein, Continuity Editing | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:30 | ||
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |