Farhan, Bona Aryadhipa (2025) MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MENCOCOKAN GAMBAR DAN NAMA HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1513.zip Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran mencocokan nama dan gambar hewan merupakan sebuah sistem yang membantu anak usia dini belajar mengenal tentang bentuk hewan dan masing-masing nama hewan tersebut, yang dimana cara itu biasanya dilakukan agar anak mengetahui hewan-hewan yang ada disekitar mereka dan hal itu juga bertujuan melatih daya ingat pada anak dengan mengenal sesuatu yang ada disekitar mereka. Pada sistem pembelajaran masa sekarang dari orang tua maupun instansi Pendidikan memiliki berbagai macam cara tersendiri dalam membantu anak-anak belajar, agar anak bisa memahami pembelajaranya dengan mudah antara lain ada yang menggunakan media buku bergambar dan juga ada yang menggunakan video animasi sebagai sarana belajar anak usia dini dalam mengembangkan daya ingat mereka, semua cara itu bertujuan agar dapat membantu anak anak menikmati proses belajar supaya anak lebih menikmati yang namanya belajar. Tetapi kebanyakan sistem pembelajaran pada anak usia dini masih terbilang manual karena hanya mengandalkan media bergambar saja sebagai sarana belajar dan itu akhirnya membuat cara belajar anak yang terlalu monoton. Maka dari itu hal ini pastinya membutuhkan sebuah teknologi yang dapat membantu proses belajar anak usia dini, Sebuah aplikasi edukatif mencocokan nama dan gambar hewan merupakan salah satu inovasi teknologi terkait dengan permasalahan yang telah terjadi. Pada penelitian ini akan menjelaskan proses perancangan aplikasi yang dimana aplikasi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dalam setiap proses perancangan aplikasi ini. Metode MDLC memiliki beberapa tahapan dalam pembuatannya terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan yang terakhir Distribution. Hasil Penelitian ini berupa aplikasi edukatif berbasis android yang memiliki tampilan yang menarik pastinya untuk menarik minat anak usia dini, dan dapat membantu mempermudah proses belajar anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Anak Usia Dini, Aplikasi Edukatif, MDLC, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:14 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |