MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MENCOCOKAN GAMBAR DAN NAMA HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC

Farhan, Bona Aryadhipa (2025) MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MENCOCOKAN GAMBAR DAN NAMA HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1513.zip
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran mencocokan nama dan gambar hewan merupakan sebuah sistem yang membantu anak usia dini belajar mengenal tentang bentuk hewan dan masing-masing nama hewan tersebut, yang dimana cara itu biasanya dilakukan agar anak mengetahui hewan-hewan yang ada disekitar mereka dan hal itu juga bertujuan melatih daya ingat pada anak dengan mengenal sesuatu yang ada disekitar mereka. Pada sistem pembelajaran masa sekarang dari orang tua maupun instansi Pendidikan memiliki berbagai macam cara tersendiri dalam membantu anak-anak belajar, agar anak bisa memahami pembelajaranya dengan mudah antara lain ada yang menggunakan media buku bergambar dan juga ada yang menggunakan video animasi sebagai sarana belajar anak usia dini dalam mengembangkan daya ingat mereka, semua cara itu bertujuan agar dapat membantu anak anak menikmati proses belajar supaya anak lebih menikmati yang namanya belajar. Tetapi kebanyakan sistem pembelajaran pada anak usia dini masih terbilang manual karena hanya mengandalkan media bergambar saja sebagai sarana belajar dan itu akhirnya membuat cara belajar anak yang terlalu monoton. Maka dari itu hal ini pastinya membutuhkan sebuah teknologi yang dapat membantu proses belajar anak usia dini, Sebuah aplikasi edukatif mencocokan nama dan gambar hewan merupakan salah satu inovasi teknologi terkait dengan permasalahan yang telah terjadi. Pada penelitian ini akan menjelaskan proses perancangan aplikasi yang dimana aplikasi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dalam setiap proses perancangan aplikasi ini. Metode MDLC memiliki beberapa tahapan dalam pembuatannya terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan yang terakhir Distribution. Hasil Penelitian ini berupa aplikasi edukatif berbasis android yang memiliki tampilan yang menarik pastinya untuk menarik minat anak usia dini, dan dapat membantu mempermudah proses belajar anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak Usia Dini, Aplikasi Edukatif, MDLC, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:14
Last Modified: 25 Apr 2025 04:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item