ANALISIS PERBANDINGAN PEMANTAUAN KUALITAS UDARA BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ESP32 DI TRAFFIC LIGHT DAN SAWAH

Prasetya, Adinda Restu (2025) ANALISIS PERBANDINGAN PEMANTAUAN KUALITAS UDARA BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ESP32 DI TRAFFIC LIGHT DAN SAWAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.83.0502.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pemantauan kualitas udara berbasis IoT untuk membandingkan kondisi udara di sekitar traffic light dan area sawah. Sistem ini dirancang untuk mengukur berbagai parameter lingkungan, seperti karbon dioksida (CO₂), suhu udara, dan kelembapan, guna menganalisis pengaruh aktivitas manusia dan faktor lingkungan terhadap kualitas udara. Proses pengembangan sistem melibatkan beberapa tahap utama, yaitu pengumpulan data, pemrosesan sensor, analisis hasil, dan visualisasi data. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sensor yang dipasang di kedua lokasi, yang secara berkala mencatat CO₂, suhu, dan kelembapan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa traffic light memiliki kadar CO₂ lebih tinggi, dengan rata-rata harian mencapai 46,41 ppm pada pagi hari, 36,78 ppm pada siang hari, dan 41,83 ppm pada sore hari, sedangkan di sawah lebih rendah dengan rerata pagi 41,68 ppm, siang 18,46 ppm, dan sore 17,33 ppm. Suhu udara di traffic light juga lebih panas dibandingkan sawah, sedangkan kelembapan udara lebih rendah. Perbedaan ini menunjukkan bahwa tingginya aktivitas kendaraan dan minimnya vegetasi di area traffic light berkontribusi pada penurunan kualitas udara dibandingkan sawah yang memiliki lingkungan lebih alami dan sejuk. Sistem ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam pemantauan kualitas udara di berbagai lokasi serta memberikan wawasan bagi pengambilan kebijakan terkait mitigasi polusi udara dan perencanaan kota yang lebih ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Santoso, Banu
Uncontrolled Keywords: Kualitas Udara, IoT, CO₂, Suhu, Kelembapan, Traffic Light, Sawah
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:56
Last Modified: 24 Apr 2025 03:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29673

Actions (login required)

View Item View Item