IMPLEMENTASI SCULPTING DAN RETOPOLOGI DALAM PEMODELAN ASET 3D NAGA PADA FILM PENDEK THE ENIGMATIC CHRONICLES

Kurniasandy, Gilang Aditya (2025) IMPLEMENTASI SCULPTING DAN RETOPOLOGI DALAM PEMODELAN ASET 3D NAGA PADA FILM PENDEK THE ENIGMATIC CHRONICLES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1306.zip
Restricted to Repository staff only

Download (125MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik sculpting, retopologydan texturing yang digunakan untuk menciptakan visual naga yang mendetail darealistis. Dalam proses pemodelan, penulis memanfaatkan perangkat lunak khususseperti Blender dan Adobe Substance 3D Painter yang mendukung teknikpemodelan, memungkinkan penciptaan bentuk dan detail halus pada karakter nagaSelain itu, teknik texturing diterapkan untuk memberikan nuansa dakedalaman visual yang sesuai dengan karakteristik naga dalam konteks ceritatermasuk penggunaan peta normal dan peta specular untuk menambah realisme.Metode penelitian meliputi studi literatur mengenai desain karakter, analisis visualdari karya-karya sejenis, serta praktik langsung dalam proses pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara sculpting datexturing sangat penting dalam menciptakan representasi naga yang tidak hanyamenarik secara visual tetapi juga mendukung narasi film pendek “The EnigmatiChronicles”. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagipengembangan aset 3D dalam industri film pendek, khususnya dalam aspek desainkarakter yang kompleks serta meningkatkan kualitas visual dari karya-karysinematik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Blender, Pemodelan 3D, Aset Visual, Sculpting, Retopology
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:02
Last Modified: 24 Apr 2025 03:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item