Kurniasandy, Gilang Aditya (2025) IMPLEMENTASI SCULPTING DAN RETOPOLOGI DALAM PEMODELAN ASET 3D NAGA PADA FILM PENDEK THE ENIGMATIC CHRONICLES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1306.zip Restricted to Repository staff only Download (125MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik sculpting, retopologydan texturing yang digunakan untuk menciptakan visual naga yang mendetail darealistis. Dalam proses pemodelan, penulis memanfaatkan perangkat lunak khususseperti Blender dan Adobe Substance 3D Painter yang mendukung teknikpemodelan, memungkinkan penciptaan bentuk dan detail halus pada karakter nagaSelain itu, teknik texturing diterapkan untuk memberikan nuansa dakedalaman visual yang sesuai dengan karakteristik naga dalam konteks ceritatermasuk penggunaan peta normal dan peta specular untuk menambah realisme.Metode penelitian meliputi studi literatur mengenai desain karakter, analisis visualdari karya-karya sejenis, serta praktik langsung dalam proses pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara sculpting datexturing sangat penting dalam menciptakan representasi naga yang tidak hanyamenarik secara visual tetapi juga mendukung narasi film pendek “The EnigmatiChronicles”. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagipengembangan aset 3D dalam industri film pendek, khususnya dalam aspek desainkarakter yang kompleks serta meningkatkan kualitas visual dari karya-karysinematik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Blender, Pemodelan 3D, Aset Visual, Sculpting, Retopology | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:02 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |