{JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER ROBOT KUMBANG PADA FILM ANIMASI 3D "ARUNIKA"

Ilham, Arifin (2025) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER ROBOT KUMBANG PADA FILM ANIMASI 3D "ARUNIKA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1260.zip
Restricted to Repository staff only

Download (195MB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk rigging karakter robot kumbang yang akan digunakan dalam film animasi 3D berjudul "ARUNIKA". Rigging 3D merupakan salah satu proses yang sangat penting dalam pembuatan animasi tiga dimensi, di mana proses ini melibatkan pemasangan struktur tulang atau kerangka pada model karakter. Struktur ini bertindak sebagai dasar untuk memungkinkan karakter tersebut bergerak. Skripsi ini secara khusus bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem rigging pada sebuah karakter 3D yang berbentuk kumbang dengan tambahan elemen mekanik untuk mencerminkan desain robotik. Dalam proses ini, rigging dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan anatomi serangga, termasuk pengaturan pergerakan sayap, kaki, dan elemenelemen mekanik yang melekat pada karakter robot kumbang tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan teknik rigging yang lebih inovatif, khususnya untuk mendukung produksi film animasi 3D seperti "ARUNIKA". Dengan sistem rigging yang dirancang dalam penelitian ini, ditunjukkan bagaimana struktur tulang dan kontrol yang tepat dapat diadaptasi untuk menciptakan gerakan yang sesuai dengan kebutuhan animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Rigging 3D, Anatomi Serangga
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:54
Last Modified: 24 Apr 2025 02:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item