PENERAPAN TEKNIK RIGGING PADA KARAKTER FILM ANIMASI 3D “MELINTAS ANTARA DUA DUNIA”

Nasrulloh, Ibnu Rohmat (2025) PENERAPAN TEKNIK RIGGING PADA KARAKTER FILM ANIMASI 3D “MELINTAS ANTARA DUA DUNIA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0949.zip
Restricted to Repository staff only

Download (102MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era digital saat ini, animasi 3D mengalami perkembangan pesat terutama dalam penerapan teknik rigging. Skripsi ini membahas penerapan teknik rigging pada karakter film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia”. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah penerapan teknik rigging untuk menghasilkan karakter yang mampu bergerak dengan realistis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan karakter dapat menghasilkan animasi yang halus dan dinamis. Analisis kebutuhan karakter pada film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia” memastikan kesesuaian rigging dengan menyerupai kerangka tulang manusia asli. Teknik rigging diterapkan agar karakter memiliki kemampuan bergerak realistis menyerupai gerakan manusia asli. Proses rigging ini melibatkan penentuan titik poros, persendian, dan tulang untuk menciptakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang realistis. Teknik rigging digunakan untuk menggabungkan ekspresi wajah dan gerakan tubuh secara realistis, yang meningkatkan ekspresi karakter secara signifikan. Penelitian ini juga mencakup penggunaan perangkat lunak rigging untuk memastikan gerakan dan ekspresi dihasilkan dengan akurat dan efisien. Hasil penelitian ini adalah penerapan teknik rigging yang mendukung film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia” dengan kualitas visual tinggi dan gerakan animasi yang realistis. Karakter yang telah di rigging dapat diintegrasikan ke dalam lingkungan animasi dengan baik, sehingga meningkatkan kualitas film secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi animasi 3D, khususnya dalam teknik rigging, yang dapat menghasilkan karakter dengan gerakan realistis menyerupai gerakan manusia asli.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Animasi 3D, Rigging, Autodesk Maya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Apr 2025 06:49
Last Modified: 23 Apr 2025 06:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29622

Actions (login required)

View Item View Item