Nasrulloh, Ibnu Rohmat (2025) PENERAPAN TEKNIK RIGGING PADA KARAKTER FILM ANIMASI 3D “MELINTAS ANTARA DUA DUNIA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0949.zip Restricted to Repository staff only Download (102MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di era digital saat ini, animasi 3D mengalami perkembangan pesat terutama dalam penerapan teknik rigging. Skripsi ini membahas penerapan teknik rigging pada karakter film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia”. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah penerapan teknik rigging untuk menghasilkan karakter yang mampu bergerak dengan realistis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan karakter dapat menghasilkan animasi yang halus dan dinamis. Analisis kebutuhan karakter pada film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia” memastikan kesesuaian rigging dengan menyerupai kerangka tulang manusia asli. Teknik rigging diterapkan agar karakter memiliki kemampuan bergerak realistis menyerupai gerakan manusia asli. Proses rigging ini melibatkan penentuan titik poros, persendian, dan tulang untuk menciptakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang realistis. Teknik rigging digunakan untuk menggabungkan ekspresi wajah dan gerakan tubuh secara realistis, yang meningkatkan ekspresi karakter secara signifikan. Penelitian ini juga mencakup penggunaan perangkat lunak rigging untuk memastikan gerakan dan ekspresi dihasilkan dengan akurat dan efisien. Hasil penelitian ini adalah penerapan teknik rigging yang mendukung film animasi 3D “Melintas Antara Dua Dunia” dengan kualitas visual tinggi dan gerakan animasi yang realistis. Karakter yang telah di rigging dapat diintegrasikan ke dalam lingkungan animasi dengan baik, sehingga meningkatkan kualitas film secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi animasi 3D, khususnya dalam teknik rigging, yang dapat menghasilkan karakter dengan gerakan realistis menyerupai gerakan manusia asli.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Informasi, Animasi 3D, Rigging, Autodesk Maya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:49 | ||
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |