Mushonnif, Ibnu (2025) PENGGUNAAN TEKNOLOGI MOTION CAPTURE UNTUK ANIMASI KARAKTER DALAM GAME VR “PLAYGROUND ARCADE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0926.zip Restricted to Repository staff only Download (172MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Animasi karakter dalam Video Game telah menjadi elemen penting dalam menciptakan pengalaman yang mendalam dan imersif bagi pemain. Dalam penelitian ini, Saya menjelajahi pemanfaatan teknologi motion capture untuk meningkatkan kualitas animasi karakter dalam game dan juga immersi bermain game. Saya fokus pada penggunaan tracker buatan sendiri yang dikembangkan dari proyek open source SlimeVR sebagai alat motion tracking. Penelitian ini dimulai dengan merancang dan merakit alat motion capture berbasis SlimeVR yang dapat mengintegrasikan data gerakan dari tracker ke dalam game engine Unity. Setelah itu, saya melakukan uji coba dan kalibrasi untuk mengatur akurasi dan kestabilan alat motion capture yang dibuat. Selanjutnya, saya mengimplementasikan data gerakan yang diperoleh dari alat motion capture ke dalam animasi karakter dalam game "Playground Arcade" sebagai projek GKM saya semester lalu. Saya menganalisis akurasi gerakan yang dihasilkan dari alat motion capture berbasis SlimeVR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi motion capture dengan alat motion capture berbasis SlimeVR dapat meningkatkan realisme dan kemudahan animasi karakter dalam game secara signifikan. Hal ini memberikan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman pemain dan membuat game lebih immersif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembang game yang ingin meningkatkan kualitas animasi karakter mereka dan membuka pintu bagi penggunaan teknologi motion capture yang lebih terjangkau dalam industri game.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality. Full Body Tracking. Animasi 3D, DIY, Motion Capture | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:42 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |