Adha, Adil Mico (2025) {SKEMA FILMMAKER FILM DOKUMENTER} EKSPLORASI PENDEKATAN PARTISIPATIF DALAM PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER TANGGUH ATAU RUNTUH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
Abstract
Maraknya kasus anak-anak yang kehilangan hak asuh menjadi isu utama dalam produksi film dokumenter Tangguh atau Runtuh: Anak yang Hebat Terlahir dari Keluarga yang Kuat. Anak-anak dalam kondisi rentan sering kali terabaikan akibat kendala ekonomi dan sosial yang terjadi pada keluarga mereka. Pembuatan karya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap pentingnya kesejahteraan pada pemenuhan hakhak dan kewajiban anak, serta peran SOS Children’s Villages dalam menyediakan edukasi pengasuhan bagi anak-anak yang kehilangan orang tua maupun keluarga yang berisiko terancam pada pola asuhnya terhadap anak. Proses produksi dokumenter ini menggunakan pendekatan partisipatif yang tujuannya dapat memberikan informasi secara mendalaam dan narasi secara emosional dari sebuah keluarga yang mendapatkan penerapan program SOS Children’s Villages, sehingga film ini dapat menjadi sebagai advokasi sosial. Penerapan teori dokumenter partisipatif dari Bill Nichols yang juga menjelaskan Aspek utama dari dokumenter participatory. Hasil dalam laporan ini menunjukkan pendekatan partisipatif yang diterapkan sutradara kepada narasumber, membantu sutradara menangkap esensi kehidupan subjek dengan lebih autentik atau keadaan yang sebenarnya, sehingga informasi yang diberikan narasumber dapat memberikan kesan dan emosional bagi penonton. Kesimpulannya, pendekatan partisipatif kepada subjek tidak hanya memudahkan sutradara untuk mendapatkan informasi dari narasumber, tetapi juga membuat narasumber bersedia di hadapan kamera, menjadi peran utama dan informan dalam film tersebut. Saran bagi sutradara agar bisa mengeksplorasi lebih keseharian subjek dan terlibat mengeksplorasi melalui teknik sinematografi yang akan diterapkan, agar memperkuat pesan yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Dokumenter, Sutradara, Partisipatif, Kesejahteraan, Keluarga, SOS Children’s Villages, Advokasi Sosial | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:14 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |