TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MARKER BASED PADA APLIKASI PENGENALAN CANDI GEBANG DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Priambodo, Arlin Sulistyo (2025) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MARKER BASED PADA APLIKASI PENGENALAN CANDI GEBANG DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2018.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Teknologi Realitas Augmentasi (AR) semakin populer dalam industri pariwisata sebagai alat untuk memperkaya pengalaman wisatawan. Candi Gebang, sebagai salah satu situs bersejarah utama di Indonesia, memiliki peluang untuk dijelajahi menggunakan AR, yang dapat memberikan informasi yang lebih interaktif dan mendalam bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung yang akan melihat candi gebang tanpa harus datang langsung ke lokasi Candi Gebang. Penelitian ini mengaplikasikan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap perencanaan, analisis, desain, pengembangan, dan pengujian di sekitar Candi Gebang. Berdasarkan hasil analisis, dilakukan perancangan aplikasi AR yang mencakup model 3D Candi Gebang, informasi sejarah, serta fitur navigasi interaktif. Implementasi ruang AR ini dilakukan dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia sebagai platform pengembangan AR. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi Candi Gebang secara virtual, dengan informasi Sejarah yang disajikan secara interaktif. Evaluasi dilakukan melalui uji coba pengguna, yang menunjukan Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pengalaman memggunakan aplikasi. Diharapkan, aplikasi AR ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk pengalaman wisata Candi Gebang dan dapat di adopsi untuk situs bersejarah lainya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Candi Gebang, Unity, Vuforia, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:26
Last Modified: 21 Apr 2025 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29551

Actions (login required)

View Item View Item