TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN TARI SAMAN GAYO LUES BERBASIS ANDROID

Bahry, Samsul (2025) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN TARI SAMAN GAYO LUES BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2873.zip
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Tari saman adalah tarian dari daerah Gayo (Gayo Lues) yang biasanya ditampilkan untuk merayakan pristiwa - pristiwa penting dalam Adat. Syair dalam tarian Saman menpergunakan bahasa Arab dan Gayo. tari Saman ini jga merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). tarian ini mencerminkan pendidikan, keamgamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari dan memperkenalkan gerak dasar tari Saman dengan lebih interaktif dan menarik. Saat ini tari saman sudah dikenal oleh penduduk dunia. Tari saman telah disahkan sebagai Warisan Budaya Dunia Tak oleh Unesco pada tanggal 24 November 2011 di Bali. Pemilik asli tari saman ini adalah masyarakat suku Gayo, Aceh, Indonesia. Kepemilikan tari saman ini terkait dengan perkembangan Teknologi yang saat ini kebudayaan seni tari ini perlu kita pertahankan dan lestarika, Pengenalan seni tari melalui media konvensional berupa buku mulai kurang diminati terutama di kalangan generasi muda. Karya ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book pengenalan gerak dasar tari Saman, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3D gerak dasar tari Saman ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone berbasis android. Pembuatan Augmented Reality ini juga dipilih sebagai media untuk menjembatani produk serta nilai kebudayaan agar dapat bersinergi ditengah perkembangan teknologi

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Tari Saman, Augmented Rality, Alternatif Media, Multimedia, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Apr 2025 03:55
Last Modified: 11 Apr 2025 03:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item