Bahry, Samsul (2025) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN TARI SAMAN GAYO LUES BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (842kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2873.zip Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
Abstract
Tari saman adalah tarian dari daerah Gayo (Gayo Lues) yang biasanya ditampilkan untuk merayakan pristiwa - pristiwa penting dalam Adat. Syair dalam tarian Saman menpergunakan bahasa Arab dan Gayo. tari Saman ini jga merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). tarian ini mencerminkan pendidikan, keamgamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari dan memperkenalkan gerak dasar tari Saman dengan lebih interaktif dan menarik. Saat ini tari saman sudah dikenal oleh penduduk dunia. Tari saman telah disahkan sebagai Warisan Budaya Dunia Tak oleh Unesco pada tanggal 24 November 2011 di Bali. Pemilik asli tari saman ini adalah masyarakat suku Gayo, Aceh, Indonesia. Kepemilikan tari saman ini terkait dengan perkembangan Teknologi yang saat ini kebudayaan seni tari ini perlu kita pertahankan dan lestarika, Pengenalan seni tari melalui media konvensional berupa buku mulai kurang diminati terutama di kalangan generasi muda. Karya ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book pengenalan gerak dasar tari Saman, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3D gerak dasar tari Saman ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone berbasis android. Pembuatan Augmented Reality ini juga dipilih sebagai media untuk menjembatani produk serta nilai kebudayaan agar dapat bersinergi ditengah perkembangan teknologi
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Tari Saman, Augmented Rality, Alternatif Media, Multimedia, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:55 | ||
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |