Idwal, Syahnaz Tasya Mutiara Nazwa (2025) PENERAPAN AUGMENTED REALITY (AR) MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2213.zip Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar sering kali terkendala oleh minimnya media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa. Penggunaan media konvensional seperti buku dan gambar 2D tidak cukup membantu siswa memahami konsep tata surya secara mendalam. Masalah ini menyebabkan siswa kehilangan minat belajar, dan guru menghadapi kesulitan menyampaikan materi secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) markerless sebagai alternatif media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini dirancang menggunakan perangkat lunak seperti Unity untuk pengembangan, Blender untuk pembuatan model 3D planet, dan Canva untuk desain antarmuka. Proses pengujian melibatkan pengumpulan data dari siswa dan guru melalui wawancara, studi literatur, serta uji fungsi menggunakan metode Black Box Testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ini memperoleh skor usability 92, masuk dalam kategori "Excellent." Aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang imersif melalui visualisasi 3D planet dan kuis interaktif, yang meningkatkan pemahaman siswa tentang tata surya. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa SD, guru, dan pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan solusi serupa dalam topik pembelajaran lainnya. Selain itu, pengembangan lanjutan disarankan untuk mencakup materi IPA lain dan optimalisasi aplikasi pada perangkat dengan spesifikasi rendah.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, IPA, Pendidikan Dasar, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:45 | ||
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |