PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA MENGAJAR MENGAJI INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA KOMUNITAS GEMA PELITA NUSANTARA

Fatah, Ihsanul (2024) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA MENGAJAR MENGAJI INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA KOMUNITAS GEMA PELITA NUSANTARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1696.zip
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media interaktif berbasis multimedia untuk pembelajaran mengaji, khususnya pengenalan huruf Hijaiyah, di Komunitas Gema Pelita Nusantara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan fokus anak- anak dalam pembelajaran mengaji, yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional yang di anggap membosankan. Dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan interaktif menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), penelitian ini berupaya menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Penggunaan media interaktif yang melibatkan elemen multimedia, seperti kuis interaktif, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan antara pengajar dan anak – anak, serta memudahkan akses belajar dimana saja dan kapan saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa media mengajar berbasis multimedia ini berhasil minat dan pemahaman anak – anak dalam belajar huruf Hijaiyah. Selain itu, pendekatan interaktif terbukti efektif dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh metode pengajaran konvesional, sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan partisipatif. Penelitian ini sejalan dengan kebijakan pendidikan nasional yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, serta mendukung program melalui kegiatan KKN Mandiri UMY.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Prabowo, Donni
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Berbasis Multimedia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Apr 2025 01:25
Last Modified: 10 Apr 2025 01:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item View Item