Fatah, Ihsanul (2024) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA MENGAJAR MENGAJI INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA KOMUNITAS GEMA PELITA NUSANTARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1696.zip Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media interaktif berbasis multimedia untuk pembelajaran mengaji, khususnya pengenalan huruf Hijaiyah, di Komunitas Gema Pelita Nusantara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan fokus anak- anak dalam pembelajaran mengaji, yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional yang di anggap membosankan. Dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan interaktif menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), penelitian ini berupaya menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Penggunaan media interaktif yang melibatkan elemen multimedia, seperti kuis interaktif, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan antara pengajar dan anak – anak, serta memudahkan akses belajar dimana saja dan kapan saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa media mengajar berbasis multimedia ini berhasil minat dan pemahaman anak – anak dalam belajar huruf Hijaiyah. Selain itu, pendekatan interaktif terbukti efektif dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh metode pengajaran konvesional, sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan partisipatif. Penelitian ini sejalan dengan kebijakan pendidikan nasional yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, serta mendukung program melalui kegiatan KKN Mandiri UMY.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Berbasis Multimedia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Apr 2025 01:25 | ||
Last Modified: | 10 Apr 2025 01:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |