Permana, Irfan Dika (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY ENGINE STUDI KASUS: SD NEGERI MINOMARTANI 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1335.zip Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif menggunakan Unity Engine untuk SD Negeri Minomartani 2. Fokus utama dari penelitian ini adalah meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap berbagai konsep matematika melalui platform interaktif yang inovatif. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, pembuatan konten yang sesuai, dan uji coba dengan melibatkan siswa dan guru untuk memastikan media yang dihasilkan edukatif, menarik, dan efektif. Desain media mengintegrasikan elemen gamifikasi, seperti poin dan tantangan, untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Media ini juga dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, sehingga setiap individu dapat belajar dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan kemampuan masing-masing. Melalui perancangan media interaktif ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penerapan teknologi dalam pendidikan, serta menjadi referensi berharga bagi pengembangan media pembelajaran serupa di sekolah- sekolah lain. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran matematika di SD dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Unity Engine, Media Pembelajaran Interaktif | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Apr 2025 07:09 | ||
Last Modified: | 09 Apr 2025 07:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |