PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY ENGINE STUDI KASUS: SD NEGERI MINOMARTANI 2

Permana, Irfan Dika (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY ENGINE STUDI KASUS: SD NEGERI MINOMARTANI 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1335.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif menggunakan Unity Engine untuk SD Negeri Minomartani 2. Fokus utama dari penelitian ini adalah meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap berbagai konsep matematika melalui platform interaktif yang inovatif. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, pembuatan konten yang sesuai, dan uji coba dengan melibatkan siswa dan guru untuk memastikan media yang dihasilkan edukatif, menarik, dan efektif. Desain media mengintegrasikan elemen gamifikasi, seperti poin dan tantangan, untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Media ini juga dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, sehingga setiap individu dapat belajar dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan kemampuan masing-masing. Melalui perancangan media interaktif ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penerapan teknologi dalam pendidikan, serta menjadi referensi berharga bagi pengembangan media pembelajaran serupa di sekolah- sekolah lain. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran matematika di SD dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Matematika, Unity Engine, Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 07:09
Last Modified: 09 Apr 2025 07:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item