IMPLEMENTASI MORPHING PADA VIDEO EDUKASI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI BERBASIS MOTION GRAPHIC

Prameswari, Anisa Hesti (2022) IMPLEMENTASI MORPHING PADA VIDEO EDUKASI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI BERBASIS MOTION GRAPHIC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Video-18.60.0024-Anisa Hesti Prameswari.rar
Restricted to Repository staff only

Download (169MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.60.0024-Anisa Hesti Prameswari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

Pengenalan bentuk geometri menjadi salah satu aspek dari kemampuan kognitif. Oleh karena itu, materi ini mulai diberikan pada masa golden age yakni pada usia 3-5 tahun agar anak-anak dapat mengetahui bentuk dasar dari benda-benda yang ada di sekitarnya. Berdasarkan silabus dari Ditjen PAUD Dikdasmen, materi tersebut bersifat fleksibel karena dapat dimasukkan ke semua tema pembelajaran setiap bulan. Namun, terdapat dua hal penting yang menjadi kendala guru dalam menyiapkan materi ini. Pertama, secara teknis dari pihak guru belum familiar dengan perangkat lunak apa yang dipakai dan belum menguasai bagaimana proses editing-nya. Kedua, guru mengalami kesulitan dalam mencari video mana yang sesuai dengan subtema per minggu sekaligus cocok untuk anak usia 3-5 tahun di Youtube. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara, observasi, serta studi pustaka lalu dikembangkan melalui tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Produk yang dihasilkan menerapkan teknik morphing dalam bentuk motion graphic. Teknik morphing merupakan teknik untuk mengubah suatu objek secara perlahan menjadi objek lain. Teknik ini diaplikasikan agar memberikan efek visual saat transisi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Sedangkan motion graphic dipilih oleh penulis karena media ini dapat memadukan unsur audio visual secara sederhana, tetapi tetap komunikatif dalam merangsang perkembangan otak pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat media pembelajaran pengenalan bentuk geometri kepada anak didik PAUD Dian Kartini dengan implementasi teknik morphing berbasis motion graphic. Penulis berharap penelitian ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara efektif dan membantu meningkatkan pemahaman anak didik terhadap materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Morphing, video edukasi, bentuk geometri, motion graphic, PAUD Morphing, educational video, geometric shapes, motion graphic, PAUD.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:36
Last Modified: 21 Aug 2023 07:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item