ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA PADA SD N 1 MANGGIS BOYOLALI

Widigdo, Alica Marsa Malihah (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA PADA SD N 1 MANGGIS BOYOLALI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 23.22.2524.zip
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Analisis dan Perancangan Game Edukasi Puzzle Pengenalan Pahlawan Indonesia di SD N 1 Manggis Boyolali ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang interaktif, seperti game teka-teki silang, sambung kata, dan kuis. Meskipun materi tentang pahlawan nasional telah diajarkan dalam kurikulum Merdeka kelas IV, siswa sering merasa bosan dan cepat lupa karena metode pembelajaran yang kurang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya penanaman rasa nasionalisme dan kurangnya penghargaan terhadap jasa para pahlawan. Dengan adanya masalah diatas, penulis menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi merancang media pembelajaran berupa game edukasi puzzle tentang pahlawan Indonesia. Langkah-langkah penyelesaian meliputi analisis kebutuhan siswa, desain game, pengembangan, serta uji coba dan evaluasi terhadap siswa kelas IV di SD N 1 Manggis Boyolali. Metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan Model Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian yaitu (1) produk yang dihasilkan berupa Game Edukasi Puzzle Pengenalan Pahlawan Indonesia pada siswa SD N 1 Manggis Boyolali, dan (2) game edukasi ini dirancang untuk meningkatkan daya ingat dan kreativitas siswa dalam mengenal pahlawan nasional. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi dan siswa kelas IV, game ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan serta diujicobakan kepada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Puzzle, Pahlawan, Mdlc
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:34
Last Modified: 25 Mar 2025 02:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item