Widigdo, Alica Marsa Malihah (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA PADA SD N 1 MANGGIS BOYOLALI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 23.22.2524.zip Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
Abstract
Analisis dan Perancangan Game Edukasi Puzzle Pengenalan Pahlawan Indonesia di SD N 1 Manggis Boyolali ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang interaktif, seperti game teka-teki silang, sambung kata, dan kuis. Meskipun materi tentang pahlawan nasional telah diajarkan dalam kurikulum Merdeka kelas IV, siswa sering merasa bosan dan cepat lupa karena metode pembelajaran yang kurang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya penanaman rasa nasionalisme dan kurangnya penghargaan terhadap jasa para pahlawan. Dengan adanya masalah diatas, penulis menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi merancang media pembelajaran berupa game edukasi puzzle tentang pahlawan Indonesia. Langkah-langkah penyelesaian meliputi analisis kebutuhan siswa, desain game, pengembangan, serta uji coba dan evaluasi terhadap siswa kelas IV di SD N 1 Manggis Boyolali. Metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan Model Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian yaitu (1) produk yang dihasilkan berupa Game Edukasi Puzzle Pengenalan Pahlawan Indonesia pada siswa SD N 1 Manggis Boyolali, dan (2) game edukasi ini dirancang untuk meningkatkan daya ingat dan kreativitas siswa dalam mengenal pahlawan nasional. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi dan siswa kelas IV, game ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan serta diujicobakan kepada siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi Puzzle, Pahlawan, Mdlc | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:34 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |