IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING VUFORIA PADA AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERBASIS ANDROID

Prasetyo, Haryo Dwi (2024) IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING VUFORIA PADA AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1381.zip
Restricted to Repository staff only

Download (198MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

Augmented reality (AR), adalah dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dunia maya yang ditampilkan secara realtime. Augmented reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang terjadi di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini di lakukan dengan cara menggambar objek tiga dimensi pada marker, yaitu sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memudahkan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dengan luas serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana anak – anak dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga anak – anak pun dapat bermain sambil belajar. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented reality yang ditujukan kepada anak – anak. Aplikasi ini dibuat dengan Unity, Berbasis Android. Aplikasi pengenalan buah dan sayur berbasis Augmented reality dapat membaca marker pada gambar 2 dimensi yang akan menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android, Buah dan Sayur
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Mar 2025 01:32
Last Modified: 25 Mar 2025 01:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item