Prasetyo, Haryo Dwi (2024) IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING VUFORIA PADA AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1381.zip Restricted to Repository staff only Download (198MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Augmented reality (AR), adalah dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dunia maya yang ditampilkan secara realtime. Augmented reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang terjadi di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini di lakukan dengan cara menggambar objek tiga dimensi pada marker, yaitu sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memudahkan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dengan luas serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana anak – anak dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga anak – anak pun dapat bermain sambil belajar. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented reality yang ditujukan kepada anak – anak. Aplikasi ini dibuat dengan Unity, Berbasis Android. Aplikasi pengenalan buah dan sayur berbasis Augmented reality dapat membaca marker pada gambar 2 dimensi yang akan menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat android.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android, Buah dan Sayur | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 01:32 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 01:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |