ANALISIS METODE MARKERLESS-BASED TRACKING TEKNIK FACE TRACKER DALAM MENDETEKSI PERGERAKAN WAJAH MANUSIA PADA PEMBUATAN FILTER 2D DAN 3D

Arief, M. Ilham (2023) ANALISIS METODE MARKERLESS-BASED TRACKING TEKNIK FACE TRACKER DALAM MENDETEKSI PERGERAKAN WAJAH MANUSIA PADA PEMBUATAN FILTER 2D DAN 3D. S2 - Magister thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (THESIS)
21.51.2113 M.Ilham Arief.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi di era Revolusi industry 4.0 yang di tandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan melalui munculnya teknolgi-teknolgi baru yang saat ini terus berkembang salah satunya adalah animasi dalam bentuk Augmented Reality. Untuk memudahkan creator membuatnya Ada beberapa metode yang digunakan dalam membuat augmented reality berbasis 2D dan 3D, Sesuai dalam beberapa penjelasan penelitian yang telah di sudah ada, tentang metode Augmented reality sudah dilakukan berbagai perbandingan antara metode satu dengan metode lainnya tetapi belum ada paper yang menjelaskan tentang teknik face tracker menggunakan metode markerless-based tracker. Penelitian ini berjudul Analisis Metode markerless-based tracking teknik face tracker dalam mendeteksi pergerakan wajah manusia pada pembuatan filter 2D dan 3D. tujuan dari penelitian ini yaitu membandingkan tingkat akurasi keberhasilan metode Markerless-based tracking teknik face tracker pada animasi 2D dan 3D. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data ekperimen dimana Pada penelitian ini peneliti membuat atau mendesain data berupa Topeng Efek animasi karakter wajahpada animasi 2D dan Topeng karakter animasi 3D untuk di implementasikan kedalam filter augmented reality, dan data hasil testing dilakukan pengambilan sampel hasil testing filter topeng karakter animasi 2D dan topeng karakter animasi 3D dari 30 Pengguna instagram dengan cara testing hasil AR menggunakan alat bantu kamera smartphone, hasil dari data ini nanti diolah menggunakan metode pengukuran User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil yang di dapatkan dengan menerapakan metode markerless based tracking teknik face tracker yang diimplementasikan pada 2D dan 3D yaitu pada 3D unggul dibanding 2D. untuk metode UEQ nya dengan respon positif dari 30 responden. Diperoleh hasil perbandingan akurasi keberhasilan yang unggul yaitu berada pada jarak 50 cm; dengan tingkat akurasi untuk AR 2D 89,74% dan 3D 96,63% Maka dapat disimpulkan bahwa metode markerless-based tracking dengan Teknik face tracker bekerja maksimal di 3D di bandingkan 2D. dan untuk metode UEQ dari segi kualitas daya tarik, hedonis dan pragmatis. Kualitas daya tarik memperoleh nilai sebesar 1,76, kualitas pragmatis sebesar 1,57, dan kualitas hedonis sebesar 1,39 Seluruh variabel mendapatkan penilaian positif karena > 0,8 dengan kualitas daya tarik nilai tertinggi dan kualitas hedonis menjadi nilai terendah, tetapi semua masih dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (S2 - Magister)
Contributor:
Pembimbing
Kusrini, Kusrini
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Metode Markerless Base Tracking, Metode UEQ, Animasi 2D, Animasi 3D, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Pascasarjana Magister Informatika > Magister Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:54
Last Modified: 24 Mar 2025 04:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29071

Actions (login required)

View Item View Item