Jati, Abiel Bagas Satrio (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM PLAYER UNTUK PERMAINAN "ANGST VERLOREN". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1085.zip Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Perkembangan game saat ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini menghasilkan beragam jenis ataugenregame yang dapat menghibur dan menarik pemain game dari berbagai kalangan usia. Game juga memiliki dua jenis yaitu game 2 dimensi dan game 3 dimensi. Game tiga dimensi merupakan game yang menggunakan grafik 3 dimensi sehingga terdapat unsur tinggi, lebar, dan kedalaman. Sebuah game biasanya memiliki karakter utama atau karakter player yang tindakannya dikendalikan oleh pemain game. Dalam pembuatan sistem player pada game “Angst Verloren” penulis menggunakan perangkat lunak Unity dan menggunakan metodeFinite State Machine. MetodologiFinite State Machinemerupakan metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan perilaku maupun prinsip kerja sistem dengan tiga hal yaitu:State(Keadaan),Event(Kejadian),Action(Aksi). Dalam sistem player game “Angst Verloren”, karakter player hanya akan berada pada satu keadaan ataustatepada satu waktu. Karakter player dapat berpindah dari satu statekestatelainnya jika terdapat masukan dari pemain game melaluikeyboard ataumousemaupun masukan dari sistem lain yang berada di dalam game. Karakter player pada game “Angst Verloren” memiliki total sembilanstate diantaranya,freelook state, targeting state, attack state, impact state, blocking state, heal state, respawn state, dead state,dandialogue state. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil implementasi metodeFinite State Machinepada sistem player memperoleh prosentase 81,7% yang berarti tergolong baik sekali.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Player, Finite State Machine | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 01:27 | ||
Last Modified: | 19 Mar 2025 01:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |