{SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM PLAYER UNTUK PERMAINAN "ANGST VERLOREN"

Jati, Abiel Bagas Satrio (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM PLAYER UNTUK PERMAINAN "ANGST VERLOREN". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1085.zip
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Perkembangan game saat ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini menghasilkan beragam jenis ataugenregame yang dapat menghibur dan menarik pemain game dari berbagai kalangan usia. Game juga memiliki dua jenis yaitu game 2 dimensi dan game 3 dimensi. Game tiga dimensi merupakan game yang menggunakan grafik 3 dimensi sehingga terdapat unsur tinggi, lebar, dan kedalaman. Sebuah game biasanya memiliki karakter utama atau karakter player yang tindakannya dikendalikan oleh pemain game. Dalam pembuatan sistem player pada game “Angst Verloren” penulis menggunakan perangkat lunak Unity dan menggunakan metodeFinite State Machine. MetodologiFinite State Machinemerupakan metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan perilaku maupun prinsip kerja sistem dengan tiga hal yaitu:State(Keadaan),Event(Kejadian),Action(Aksi). Dalam sistem player game “Angst Verloren”, karakter player hanya akan berada pada satu keadaan ataustatepada satu waktu. Karakter player dapat berpindah dari satu statekestatelainnya jika terdapat masukan dari pemain game melaluikeyboard ataumousemaupun masukan dari sistem lain yang berada di dalam game. Karakter player pada game “Angst Verloren” memiliki total sembilanstate diantaranya,freelook state, targeting state, attack state, impact state, blocking state, heal state, respawn state, dead state,dandialogue state. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil implementasi metodeFinite State Machinepada sistem player memperoleh prosentase 81,7% yang berarti tergolong baik sekali.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Permainan, Player, Finite State Machine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:27
Last Modified: 19 Mar 2025 01:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item