REPRESENTASI PERAN ORANG TUA DALAM IKLAN TEH SARIWANGI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Teh Sariwangi Edisi Kisah Keluarga Mona Best Friend Forever di Youtube)

Ningrum, Retno Wibowo Jayanti (2023) REPRESENTASI PERAN ORANG TUA DALAM IKLAN TEH SARIWANGI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Teh Sariwangi Edisi Kisah Keluarga Mona Best Friend Forever di Youtube). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Iklan memiliki pengaruh dalam mengajak dan mempengaruhi penontonnya untuk melakukan suatu tindakan yaitu meniru, membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Iklan merupakan suatu media promosi untuk memperkenalkan dan menjual barang. Namun di era modern ini, iklan bertransformasi menjadi media yang dapat mengangkat isu-isu yang ada dimasyarakat. Menjadi ajang penarik simpati dan dukungan dalam suatu tujuan tertentu yang menguntungkan. Teh Sariwangi edisi Kisah Keluarga Mona melalui gerakan kampanye #BeraniBicara, yang mengajak keluarga di Indonesia agar lebih terbuka dan harmonis. Sariwangi ingin menciptakan keluarga Indonesia yang rukun dan dapat saling membantu dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi didalam keluarga melalui peran orang tua dalam mengatur proses terjadinya komunikasi yang efektif dan bagaimana peran orang tua sebagai fasilitator dan mediator untuk membangun sebuah percakapan, dukungan dan kehangatan dalam keluarga melalui secangkir teh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran sariwangi terkait tentang tingkat keterbukaan keluarga Indonesia yang cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam iklan teh sariwangi sebagai motivator, penasihat, teman dan juga peran orang tua sebagai komunikator. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan menggunakan teori representasi dengan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk menggetahui tanda, objek dan interpretan dalam penyampaian pesan peran orang tua dalam setiap scene iklan Teh Sariwangi Kisah Keluarga Mona edisi “Best Friend Forever”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ratnaningtyas, Rr. Pramesthi
Uncontrolled Keywords: Iklan Teh Sariwangi, Peran Orang Tua, Semiotika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:51
Last Modified: 14 Mar 2025 01:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28842

Actions (login required)

View Item View Item