EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA GAME MONSTER HUNTER WORLD MENGGUNAKAN ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH

Adityas, Gilang Candra (2024) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA GAME MONSTER HUNTER WORLD MENGGUNAKAN ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4429.zip
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Antarmuka game Monster Hunter World (MHW) memiliki kompleksitas tinggi yang dapat menyebabkan kendala pada pengalaman pengguna, baik bagi pemain pemula maupun berpengalaman. Masalah utama yang ditemukan adalah elemen tersembunyi (hidden) serta kesulitan memahami teks dan ikon (text and icon), terutama pada tugas pengelolaan inventaris (Manage Inventory) dan peningkatan peralatan (Forge & Upgrade Equipment). Permasalahan ini berdampak pada efisiensi dan efektivitas interaksi pemain dengan fitur dalam game, mengurangi kepuasan bermain dan meningkatkan tingkat kebingungan. Penelitian ini menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough (ECW) untuk menganalisis antarmuka game berdasarkan pengalaman pengguna. Metode ini diterapkan pada delapan tugas utama dalam game untuk mengidentifikasi masalah terkait navigasi, representasi visual, dan aksesibilitas fitur. Proses penelitian melibatkan pengumpulan data dari dua kelompok pemain: pemula dan berpengalaman, serta analisis terhadap pola masalah yang ditemukan pada setiap tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori hidden dan text and icon menjadi hambatan signifikan bagi kedua kelompok pemain. Rekomendasi perbaikan mencakup optimalisasi alur proses, peningkatan representasi visual, penyederhanaan akses elemen tersembunyi, serta pengelompokan ulang sistem menu agar lebih logis dan intuitif. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan antarmuka game yang lebih ramah pengguna, baik bagi pemain pemula maupun berpengalaman. Temuan ini dapat dimanfaatkan oleh pengembang game untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada game serupa. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengintegrasikan metode lain untuk mengevaluasi pengalaman pemain berpengalaman secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: User Experience, Enhanced Cognitive Walkthrough, Monster Hunter World, Usability, Game Design
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:31
Last Modified: 13 Mar 2025 01:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item View Item