OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HARIAN JOGJA DALAM MENGENALKAN NILAI LUHUR BUDAYA MASYARAKAT JOGJA

Kurnia, Ervian Izza (2024) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HARIAN JOGJA DALAM MENGENALKAN NILAI LUHUR BUDAYA MASYARAKAT JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Sebagai media lokal yang memiliki komitmen kuat untuk melestarikan warisan lokal, Harian Jogja memiliki peran penting dalam membentuk identitas budaya Yogyakarta sesuai visi dan misinya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Harian Jogja, sebagai media lokal, memanfaatkan media sosial Instagram dalam upaya melestarikan dan mengenalkan nilai-nilai budaya Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kontruksi sosial media massa yang menjelaskan bagaimana media, termasuk Instagram mengoptimalisasi nilai luhur budaya masyarakat Jogja dalam membentuk dan memperkuat realitas sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, khususnya Instagram dapat digunakan secara optimal dalam mengenalkan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya, seperti yang dilakukan Harian Jogja dalam mengenalkan budaya Yogyakarta. Harian Jogja mampu merancang konten yang menarik, menyebarkan nilai-nilai budaya, membentuk realitas sosial, serta berinteraksi aktif dengan audiens. Langkah konkrit yang digunakan meliputi pemilihan tema relevan, penggunaan hashtag, kolaborasi, serta konsistensi dan diversifikasi konten. Penelitian ini memberikan inspirasi bagi media lokal lain untuk memanfaatkan platform digital dalam memperkuat identitas budaya masyarakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sa'idah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Harian Jogja, Media Sosial Instagram, Pelestarian Budaya, Identitas Budaya Yogyakarta
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Mar 2025 01:43
Last Modified: 07 Mar 2025 01:43
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item