IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN ALAT TRADISIONAL KALIMANTAN BARAT

Syaputra, Ade Mardian (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN ALAT TRADISIONAL KALIMANTAN BARAT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1221.zip
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Augmented Reality menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time dan merupakan animasi 3D. Kelebihan lain dari Augmented Reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Dengan teknologi Augmented Reality (AR) ini memungkinkan pengguna melihat informasi, video dan 3D objek dari objek 2D secara langsung. Maka peneliti terinspirasi untuk membuat aplikasi pengenalan Alat Tradisonal Kalimantan Barat dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan metode Marker-Based Augmented Reality, setelah marker terdeteksi model 3D alat tradisonal akan muncul diatas marker seolah-olah model alat musik tersebut nyata. Pembuatan aplikasi ini menggunakan assembler.Edu untuk membuat objek 3D Alat Tradisional. Hasil dari pembuatan aplikasi ini yaitu menampilkan objek 3D alat tradisional Kalimantan Barat berbasis Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, M. Fairul
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Assembler.Edu, Sketchfab, Alat Tradisional Kalimantan Barat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:19
Last Modified: 03 Dec 2024 07:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28591

Actions (login required)

View Item View Item