Ayu, Miranda Risang (2024) PEMBUATAN VIDEO KAWASAN CAGAR BUDAYA KALIURANG BERBASIS DOKUMENTASI LIVESHOOT DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.02.0662.zip Restricted to Repository staff only Download (199MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya Kawasan Cagar Budaya di Kaliurang. Hal tersebut menjadikan perlunya pembuatan video untuk menyebarluaskan informasi tentang Kawasan Cagar Budaya Benda Kaliurang agar masyarakat mengetahui Sejarah yang ada di Kaliurang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mendalam kepada penonton, seakan mereka menyaksikan langsung keindahan Kawasan Cagar Budaya Benda Kaliurang. Peneliti menjelaskan mengenai langkah-langkah dan proses pembuatan video dokumentasi berbasis liveshoot, tahap perencanaan, pengambilan gambar, proses pengeditan, hingga proses implementasi. Video ini tidak hanya mencakup aspek sejarah dan kearifan lokal Kaliurang, tetapi juga menyoroti keunikan dan pesona alamnya. Dengan menggunakan video dokumentasi, peneliti berusaha membuat pengalaman yang disajikan lebih personal dan otentik dengan menjembatani penonton dan lokasi. Penelitian menggunakan metode penelitian kulitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yaitu dengan wawancara dan observasi secara langsung yang dilalukan di Dinas Kebudayaan Sleman, Wisma Kaliurang, Pesanggrahan Hargopeni, Wisma Gadjah Mada, Wisma Merapi Indah I dan Hostel Vogels. Sedangkan metode kuantitatif dengan mencari kepuasan pengunjung. Penelitian ini juga mencakup analisis tantangan yang dihadapi selama proses pembuatan video, serta solusi yang diadopsi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan harapan dapat memberikan wawasan bagi para pembuatkonten visual yang tertarik dalam menggabungkan teknologi modern dan kekayaanbudaya lokal melalui medium dokumenter. Dengan demikian, proyek inidiharapkan dapat menjadi inspirasi dalam mendokumentasikan dan mengenalkan cagar budaya melalui media visual secara inovatif dan menarik.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video, Dokumentasi, Cagar Budaya, Liveshoot | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:02 | ||
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |