ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN DATA MINING ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT (Studi Kasus: Toko Pasadena)

Adena, Achmad Syafa (2024) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN DATA MINING ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT (Studi Kasus: Toko Pasadena). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1494.zip
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola pembelian di Toko Pasadena menggunakan algoritma Eclat dengan metode Association Rule. Tujuannya adalah mengatasi masalah pengelolaan stok dan pemanfaatan data transaksi yang belum optimal. Metodologi mengikuti kerangka CRISP-DM: Business Understanding (identifikasi masalah toko), Data Understanding (pengumpulan data transaksi dari 1 Mei 2023 hingga 31 Mei 2024), Data Preparation (transformasi data), Modeling (implementasi algoritma Eclat), Evaluation (pengujian), dan Deployment (pengembangan sistem berbasis web). Hasil menunjukkan dari 780 data transaksi, menghasilkan 58 produk prioritas untuk pengadaan stok dan 163 aturan asosiasi antar produk. Salah satu asosiasi kuat ditemukan antara “TIRTA SAMBAL SAOS dan BALA BALA KANTONG 0.5 KG” (Confidence 85,71%, Lift 60,78%). Pengujian dengan berbagai threshold support dan confidence menghasilkan aturan asosiasi valid. Hasil penelitian menunjukkan, implementasi algoritma Eclat berhasil menganalisis pola pembelian, memberikan rekomendasi manajemen stok, dan mengidentifikasi asosiasi produk untuk meningkatkan strategi pemasaran dan kepuasan pelanggan di Toko Pasadena.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Algoritma Eclat, Aturan Asosiasi, Analisis Pola
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:16
Last Modified: 03 Dec 2024 01:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28562

Actions (login required)

View Item View Item