PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANGKA PADA ANAK PRASEKOLAH

Khasanah, Erlin Dwi (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANGKA PADA ANAK PRASEKOLAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1613.zip
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Media pembelajaran pada Paud Al Hag Tegalrejo yang berdomisili di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dalam mengajari pengenalan angka masih menggunakan media seperti buku dan papan tulis. Hal ini cenderung kurang interaktif karena anak dengan mudah cepat merasa bosan. Oleh karena itu teknologi Augmented Reality dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tambahan yang baru. Penelitian ini menerapkan Model Pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), di mana dalam model ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu Concept, Design, Material Collection, Assembly, Testing dan Distribution. Diharapkan dengan bantuan Augmented Reality dapat berintraksi secara dunia nyata dengan pengenalan angka sambil mengenal warna dalam bentuk 3 dimensi dapat meningkatkan minat belajar angka pada anak interaktif dan mudah dipahami. Kemudian untuk hasil survei pengajaran pengenalan angka menggunakan aplikasi augmented reality dapat meningkatkan minat belajar anak serta layak digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran dengan menunjukkan rata-rata persentase 89%. Dalam tabel rentang nilai pada perhitungan survei, aplikasi ini dapat dikategorikan dengan kriteria nilai "Efektif". Namun disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi aplikasi berbasis IOS di masa depan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Angka, Interaktif, Minat Belajar, Warna
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:12
Last Modified: 02 Dec 2024 06:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item