Khasanah, Erlin Dwi (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANGKA PADA ANAK PRASEKOLAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1613.zip Restricted to Repository staff only Download (76MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
Abstract
Media pembelajaran pada Paud Al Hag Tegalrejo yang berdomisili di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dalam mengajari pengenalan angka masih menggunakan media seperti buku dan papan tulis. Hal ini cenderung kurang interaktif karena anak dengan mudah cepat merasa bosan. Oleh karena itu teknologi Augmented Reality dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tambahan yang baru. Penelitian ini menerapkan Model Pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), di mana dalam model ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu Concept, Design, Material Collection, Assembly, Testing dan Distribution. Diharapkan dengan bantuan Augmented Reality dapat berintraksi secara dunia nyata dengan pengenalan angka sambil mengenal warna dalam bentuk 3 dimensi dapat meningkatkan minat belajar angka pada anak interaktif dan mudah dipahami. Kemudian untuk hasil survei pengajaran pengenalan angka menggunakan aplikasi augmented reality dapat meningkatkan minat belajar anak serta layak digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran dengan menunjukkan rata-rata persentase 89%. Dalam tabel rentang nilai pada perhitungan survei, aplikasi ini dapat dikategorikan dengan kriteria nilai "Efektif". Namun disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi aplikasi berbasis IOS di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Angka, Interaktif, Minat Belajar, Warna | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:12 | ||
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28545 |
Actions (login required)
View Item |