GAME EDUKASI TEBAK TEBAKAN ADAT & BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN

Maris, Ahyar Wildan (2024) GAME EDUKASI TEBAK TEBAKAN ADAT & BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1660.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Budaya dan adat Indonesia adalah cermin dari keragaman etnis, agama, dan sejarah yang kaya dari negara kepulauan ini. Beragamnya budaya di Indonesia tercermin dalam keberagaman bahasa, seni, musik, tarian, dan tradisi lokal yang berbeda di setiap daerah. Selain itu, Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya, seperti wayang kulit, batik, tari tradisional seperti tari Bali dan tari Jawa, serta musik tradisional seperti gamelan. Warisan budaya ini tidak hanya menjadi bagian penting dari identitas budaya Indonesia, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang signifikan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun seiring berjalannya waktu budaya Indonesia sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda, generasi muda lebih gemar budaya mancanegara ketimbang adat dan budaya negeri sendiri. Salah satu cara untuk melestarikan adat & budaya Indonesia kepada generasi penerus adalah dengan memanfaatkan teknologi yang erat dengan kalangan muda yaitu permainan video atau game. Game sendiri tergolong sebagai salah satu media interaktif yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Game adat dan budaya Indonesia memiliki potensi untuk mendidik dan menghibur, menyediakan platform yang menyenangkan untuk belajar tentang warisan budaya yang kaya. Dengan desain yang kreatif dan pemahaman mendalam tentang budaya, game semacam ini dapat memperluas pengetahuan pemain sambil menghargai dan melestarikan tradisi Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Budaya, Adat, Game, Media Interaktif, Indonesia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:32
Last Modified: 02 Dec 2024 01:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28520

Actions (login required)

View Item View Item