PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BERBASIS ANDROID PADA ANAK TK SARI ASIH III

Elvina, Eli Saputri (2024) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BERBASIS ANDROID PADA ANAK TK SARI ASIH III. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1757.zip
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Perkembangan teknologi smartphone di masyarakat sekarang ini dapat membantu kemajuan, terutama pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dalam memberikan modul pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dapat membantu anak-anak menjadi lebih tertarik untuk memahami mata pelajaran yang diberikan oleh guru mereka. TK Sari Asih III merupakan salah satu taman kanakkanak yang berada di Jl. Seturan II No.97 Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, penyampaian pembelajaran yang selama ini digunakan oleh TK Sari Asih III masih menggunakan cara tradisional, seperti memakai kartu gambar. Dengan adanya pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan huruf berbasis android dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitan tersebut yaitu mengembangkan sebuah aplikasi android teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan sebuah media pembelajaran pengenalan huruf dengan objek 3D dan dapat menampilkan suara pada huruf tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development. Dengan menggunakan pengembangan model ADDIE, ada 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengujian yang dilakukan pada penelitian yaitu Metode Blackbox. Penelitian dapat menghasilkan sebuah media aplikasi pembelajaran pengenalan huruf yang berbasis android dengan teknologi Augmented Reality. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Pengenalan, Taman Kanak-Kanak
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:31
Last Modified: 02 Dec 2024 01:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28519

Actions (login required)

View Item View Item