PENERAPAN USER CENTERED DESIGN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA SEBAGAI ACUAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBUATAN WEBSITE UNTUK CLOTHING BRAND SOULNIV

Aji, M. Khoulifuji Wantoro (2024) PENERAPAN USER CENTERED DESIGN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA SEBAGAI ACUAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBUATAN WEBSITE UNTUK CLOTHING BRAND SOULNIV. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.01.4657.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Soulniv adalah perusahaan yang bergerak dibidang fashion. Clothing Brand Soulniv yang saat ini hanya menjual produknya melalui marketplace. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya keberadaan web store sendiri, yang menghambat potensi pertumbuhan dan eksposur merek secara online. Dampaknya adalah terbatasnya aksesibilitas produk Soulniv bagi pelanggan dan potensi kehilangan pangsa pasar terhadap pesaing yang sudah memiliki web store. Untuk menyelesaikan masalah ini, penelitian menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD) yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan keinginan pengguna. Data yang diperoleh dari responden adalah data target audience yaitu kalangan muda berusia 15-35 tahun dan kebutuhan web store yang akan dirancang. Sedangkan data yang diperoleh dari pemilik Soulniv adalah data produk yang akan dijual beserta variasi dan kebutuhan dashboard untuk dirancang. Pada penelitian ini disebarkan kuesioner terhadap beberapa responden dan pemilik Soulniv untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari pengguna. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap desain User Interface (UI) webstore, untuk mendapatkan hasil User Experience (UX) yang berkualitas dengan menggunakan User Centered Design (UCD). Hasil akhir penelitian adalah desain antarmuka web store yang memperhatikan pengalaman pengguna (UX) dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pengguna serta pemilik Soulniv. Dalam tahap pengujian, penelitian ini menerapkan metode Usability Testing dan melakukan pengujian pengalaman pengguna terhadap prototipe juga dilakukan dengan menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) untuk mendapatkan hasil evaluasi dari pengguna. Kontribusi utama penelitian ini adalah memberikan panduan yang jelas bagi Soulniv dalam mengimplementasikan web store mereka sendiri dengan fokus pada pengalaman pengguna yang unggul. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh Clothing Brand Soulniv untuk meningkatkan kehadiran online mereka , memperluas pangsa pasar, dan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa melalui pihak ketiga seperti marketplace.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Antarmuka, Implementasi, Perancangan, User Centered Design, Usability Testing, Kuesioner
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:24
Last Modified: 28 Nov 2024 04:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28463

Actions (login required)

View Item View Item