Zakiah, Trysa Zuama (2024) MEDIA PENGENALAN SERANGGA UNTUK SISWA TK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0748.zip Restricted to Repository staff only Download (70MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Pembelajaran pada kurikulum Merdeka dituntut untuk lebih fleksible dan kreatif dengan menggunakan media pembelajaran seperti gambar, video-audio dan alat peraga. Dengan metode pembelajaran loose-part, guru diminta untuk mengembangkan imajinasi anak-anak menggunakan objek-objek yang mudah ditemukan seperti tutup botol, kerikil, benang, kain dan keramik. Dari analisis hasil kuesioner awal, siswa dan siswi juga cenderung tertarik terhadap penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran baru. Pengembangan aplikasi Augmented Reality berbasis Android bertujuan untuk mengenalkan serangga menggunakan marker. Aplikasi Augmented Reality ini dikembangkan dengan penggunaan Vuforia sebagai database marker dan Unity 3D. Penggunaan teknologi Augmented Reality bertujuan untuk membantu siswa memahami secara visual serangga sehingga pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan lebih menarik. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran baru dengan sample siswa-siswi kelas B TK Masyithoh Al-Futuh yang berjumlah 18 orang. Penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan media pengenalan serangga di kelas B TK Masyithoh Al-Futuh dapat mengenali jenis-jenis serangga pada aplikasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Serangga, Unity 3D, Android, Vuforia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 01:54 | ||
Last Modified: | 28 Nov 2024 01:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28438 |
Actions (login required)
View Item |