MEDIA PENGENALAN SERANGGA UNTUK SISWA TK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Zakiah, Trysa Zuama (2024) MEDIA PENGENALAN SERANGGA UNTUK SISWA TK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0748.zip
Restricted to Repository staff only

Download (70MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum Merdeka dituntut untuk lebih fleksible dan kreatif dengan menggunakan media pembelajaran seperti gambar, video-audio dan alat peraga. Dengan metode pembelajaran loose-part, guru diminta untuk mengembangkan imajinasi anak-anak menggunakan objek-objek yang mudah ditemukan seperti tutup botol, kerikil, benang, kain dan keramik. Dari analisis hasil kuesioner awal, siswa dan siswi juga cenderung tertarik terhadap penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran baru. Pengembangan aplikasi Augmented Reality berbasis Android bertujuan untuk mengenalkan serangga menggunakan marker. Aplikasi Augmented Reality ini dikembangkan dengan penggunaan Vuforia sebagai database marker dan Unity 3D. Penggunaan teknologi Augmented Reality bertujuan untuk membantu siswa memahami secara visual serangga sehingga pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan lebih menarik. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran baru dengan sample siswa-siswi kelas B TK Masyithoh Al-Futuh yang berjumlah 18 orang. Penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan media pengenalan serangga di kelas B TK Masyithoh Al-Futuh dapat mengenali jenis-jenis serangga pada aplikasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wulandari, Irma Rofni
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Serangga, Unity 3D, Android, Vuforia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:54
Last Modified: 28 Nov 2024 01:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

View Item View Item