PERANCANGAN GAME EDUKASI RPG “VOLUNTIA THE ADVENTURER MAKER” DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 BERBASIS MOBILE

Kurniawan, Deni Priambodo (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI RPG “VOLUNTIA THE ADVENTURER MAKER” DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 BERBASIS MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1416.zip
Restricted to Repository staff only

Download (171MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Game selain menjadi sarana hiburan namun juga dapat berdampak negative bagi pengguna terutama untuk siswa SD Negeri Demakijo 1. Dampak negatif tersebut menyebabkan lupa waktu untuk belajar, penurunan prestasi siswa, penurunan motivasi belajar siswa dan fokus belajar siswa yang terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika bangun ruang kelas V SD dengan game edukasi dalam media pembelajaran. Pembuatan game tersebut menggunakan RPG Maker MV dengan tema petualang dan isi materi matematika bangun ruang dan Android Studio untuk mengubahnya menjadi aplikasi android. Metode penelitian yang digunakan meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi berupa hitungan kuesioner dengan skala likert untuk menentukan efektifitas game sebagai media pembelajaran sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Hasil perhitungan keseluruahan tersebut adalah 86,4% dengan kriteria “Sangat Baik” dengan kesimpulan bahwa penggunaan game edukasi ini dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, serta memudahkan pemahaman materi matematika bangun ruang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nucholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, RPG, Motivasi Belajar, Matematika Bangun Ruang, Mobile
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:38
Last Modified: 28 Nov 2024 01:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28434

Actions (login required)

View Item View Item