Kurniawati, Yuli (2020) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PENYEDIA LAYANAN TELEKOMUNIKASI SELULER DI INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAN ALGORITMA NAIVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-15.11.9169-Yuli Kurniawati - Yuli Kurniawati.zip Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.11.9169-Yuli Kurniawati - Yuli Kurniawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
Abstract
Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan microblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 280 karakter. Twitter seringkali digunakan untuk menyampaikan keluhan terhadap suatu produk, tidak luput juga tentang kualitas produk perusahaan layanan telekomunikasi seluler. Melalui cuitan yang diunggah oleh pengguna tersebut dapat dilakukan penggalian informasi mengenai gambaran dari suatu produk tertentu. Penelitian ini menggunakan algoritma naive bayes untuk melakukan klasifikasi tingkat kepuasan pengguna atas kualitas layanan perusahaan telekomunikasi. Data yang akan digunakan merujuk ke perusahaan yang paling banyak penggunanya. Data tersebut akan dibagi menjadi kategori positif untuk komentar yang diklasifikasikan positif dan kategori negatif untuk komentar yang diklasifikasikan negatif. Data yang digunakan untuk proses training adalah 500 data yang terdiri dari 250 komentar positif dan 250 komentar negatif. Penelitian ini dimulai dengan preprocessing data (case folding, tokenization, filtering, stemming), proses selanjutnya adalah training data dan proses klasifikasi. Berdasarkan evaluasi menggunakan confussion matrix diperoleh hasil akurasi 72%, presisi 70%, dan recall 78%. Dari hasil tersebut, algoritma naive bayes dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi komentar twitter terhadap layanan telekomunikasi di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Klasifikasi, Algoritma Naive Bayes, Twitter, Confusion Matrix. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:17 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2840 |
Actions (login required)
View Item |