IMPLEMENTASI MODELING 3D UNTUK PEMBUATAN KARAKTER HUMANOID DALAM FILM ANIMASI PENDEK “OJEKIN AJA” MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL

Ahmad, Rizki (2024) IMPLEMENTASI MODELING 3D UNTUK PEMBUATAN KARAKTER HUMANOID DALAM FILM ANIMASI PENDEK “OJEKIN AJA” MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0998.zip
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi 3D memainkan peran penting dalam industri hiburan modern dengan menciptakan visual yang menarik dan realistis. Salah satu teknik dalam animasi 3D adalah polygonal modeling, yang menggunakan poligon sebagai elemen dasar dalam membentuk objek tiga dimensi. Proses ini mencakup beberapa tahap seperti pengumpulan data referensi, analisis kebutuhan, modeling, teksturing, dan rigging. Film animasi pendek "Ojekin Aja" mengaplikasikan teknik polygonal modeling untuk merancang karakter utama, seorang pengemudi ojek online. Karakter ini dibuat dengan detail dan kompleksitas tinggi menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya. Film ini mengisahkan seorang pengemudi ojek online yang menerima pesanan fiktif melalui aplikasi dan tetap tenang menghadapi situasi tersebut. Proses produksi melibatkan pembuatan model 3D, penambahan tekstur, dan rigging untuk memberikan fleksibilitas dalam animasi karakter. Evaluasi kualitas karakter dilakukan oleh ahli dari MSV Studio dan penonton umum untuk memastikan bahwa model yang dibuat memenuhi standar fungsional dan estetika yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik polygonal modeling dalam animasi 3D dapat meningkatkan kualitas visual dan daya tarik karakter. Berdasarkan hasil alpha dan beta testing, kebutuhan fungsional video animasi "Ojekin Aja" telah terpenuhi dengan baik. Kuesioner dari para ahli menunjukkan indeks dengan kategori "Baik" untuk tampilan video, sementara penonton umum memperoleh indeks kategori "Sangat Baik".

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Polygonal modeling, Autodesk Maya, Animasi 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:29
Last Modified: 25 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28360

Actions (login required)

View Item View Item