APLIKASI “FRUISSION KIDS” MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN PROFESI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : TK RA Al Huda Gombang)

Kusuma, Herlambang Wira (2020) APLIKASI “FRUISSION KIDS” MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN PROFESI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : TK RA Al Huda Gombang). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.21.1172-Herlambang Wira Kusuma - Herlambang Wira Kusuma.zip
Restricted to Repository staff only

Download (362MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.21.1172-Herlambang Wira Kusuma - Herlambang Wira Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah sekarang ini sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, media pembelajaran saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan menarik sehingga dapat menarik seorang anak dalam mempelajari suatu hal. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan adalah teknologi augmented reality (AR). Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata. Pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah dan profesi bertujuan untuk menambah media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar guna menarik minat belajar anak serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam menerima materi pengenalan buah dan profesi. Aplikasi ini berbasis mobile bersistem operasi android dengan memanfaatkan kamera smartphone sebagai perantara input dari marker untuk menampilkan model 3 dimensi buah dan profesi. Hasil dari pengujian perangkat, aplikasi dapat berjalan sempurna dengan spesifikasi minimal RAM 1GB dengan dukungan kamera 5 Megapiksel dan bersistem operasi android 4.4.2 (KitKat). Pengujian juga menunjukkan bahwa parameter jarak, pencahayaan dan sudut kemiringan kamera juga berpengaruh terhadap output objek 3 dimensi yang ditampilkan oleh aplikasi. Jarak optimal antara kamera dengan marker agar aplikasi dapat menampilkan objek 3 dimensi dengan sempurna adalah 15 cm sampai 50 cm dan sudut kemiringan antara 0 diatas marker sampai 60 derajat. Serta tingkat kecerahan cahaya dengan ukuran cahaya minimal 30 lx (lux). Dan hasil dari penelitian, aplikasi ini dapat memudahkan anak-anak dan dapat meningkatkan anak dalam proses pembelajaran khususnya tentang pengenalan buah dan profesi. Karena anak-anak merasa senang dan bersemangat saat menggunakan aplikasi ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusrini
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Fruission Kids, Buah, Profesi, Android, Learning Media, Fruits, Profession
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:10
Last Modified: 18 Aug 2023 07:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item