Kusuma, Herlambang Wira (2020) APLIKASI “FRUISSION KIDS” MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN BUAH DAN PROFESI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : TK RA Al Huda Gombang). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (906kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (117kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.21.1172-Herlambang Wira Kusuma - Herlambang Wira Kusuma.zip Restricted to Repository staff only Download (362MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.21.1172-Herlambang Wira Kusuma - Herlambang Wira Kusuma.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran di sekolah sekarang ini sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, media pembelajaran saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan menarik sehingga dapat menarik seorang anak dalam mempelajari suatu hal. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan adalah teknologi augmented reality (AR). Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata. Pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah dan profesi bertujuan untuk menambah media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar guna menarik minat belajar anak serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam menerima materi pengenalan buah dan profesi. Aplikasi ini berbasis mobile bersistem operasi android dengan memanfaatkan kamera smartphone sebagai perantara input dari marker untuk menampilkan model 3 dimensi buah dan profesi. Hasil dari pengujian perangkat, aplikasi dapat berjalan sempurna dengan spesifikasi minimal RAM 1GB dengan dukungan kamera 5 Megapiksel dan bersistem operasi android 4.4.2 (KitKat). Pengujian juga menunjukkan bahwa parameter jarak, pencahayaan dan sudut kemiringan kamera juga berpengaruh terhadap output objek 3 dimensi yang ditampilkan oleh aplikasi. Jarak optimal antara kamera dengan marker agar aplikasi dapat menampilkan objek 3 dimensi dengan sempurna adalah 15 cm sampai 50 cm dan sudut kemiringan antara 0 diatas marker sampai 60 derajat. Serta tingkat kecerahan cahaya dengan ukuran cahaya minimal 30 lx (lux). Dan hasil dari penelitian, aplikasi ini dapat memudahkan anak-anak dan dapat meningkatkan anak dalam proses pembelajaran khususnya tentang pengenalan buah dan profesi. Karena anak-anak merasa senang dan bersemangat saat menggunakan aplikasi ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Fruission Kids, Buah, Profesi, Android, Learning Media, Fruits, Profession | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:10 | ||
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |