IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI RANTAI MAKANAN MENGGUNAKAN METODE MARKERBASED PADA SD MUHAMMADIYAH MUNGGANG WETAN

Putra, Akbar Pramana (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI RANTAI MAKANAN MENGGUNAKAN METODE MARKERBASED PADA SD MUHAMMADIYAH MUNGGANG WETAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3375.zip
Restricted to Repository staff only

Download (644B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Rantai Makanan Menggunakan Metode MarkerBased pada SD Muhammadiyah Munggang Wetan" berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep rantai makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif dengan memanfaatkan metode marker-based AR, di mana gambar-gambar fisik (marker) digunakan untuk memicu tampilan elemen visual 3D yang mendukung pembelajaran. Implementasi media ini diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar siswa di SD Muhammadiyah Munggang Wetan, dengan memberikan visualisasi yang lebih konkret dan menyenangkan mengenai alur energi dan interaksi antarorganisme dalam rantai makanan. Dengan media ini, siswa dapat melihat langsung peran produsen, konsumen, dan dekomposer dalam ekosistem, serta bagaimana perubahan dalam salah satu komponen dapat mempengaruhi keseluruhan sistem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AR dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, serta menawarkan metode pembelajaran yang inovatif dan lebih efisien dibandingkan dengan metode tradisional.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Marker-Based, Rantai Makanan, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:16
Last Modified: 25 Nov 2024 01:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item