Afandi, Alfan (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA ANIMASI 3D FILM PENDEK “SLOPPY DUCK” SOFTWARE BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0623.zip Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Animasi merupakan media yang menghadirkan cerita atau hiburan, mencakup baik animasi 2D maupun 3D. Dalam konteks film animasi 3D, penilaian terhadap kualitasnya tidak hanya didasarkan pada durasi film, namun juga sejauh mana film tersebut mampu mempengaruhi emosi penonton selama menontonnya. Tujuan dari penelitian ini adalah memperlihatkan tahapan implementasi teknik polygonal modelling pada film pendek animasi 3D “Sloppy Duck” menggunakan software blender. Manfaat Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar referensi bagi peneliti lain yang sejenis. Skripsi ini berfokus pada implementasi asset 3D poly modelling pada film animasi 3D “Sloppy Duck”. Yang bercerita tentang kelalaian seekor induk bebek dalam menjaga anaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data menggunakan referensi, analisis yang merangkum kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional. perancangan meliputi pra produksi, produksi, pasca produksi serta pengujian yang dilakukan melalui metode alpha testing dan kuesioner. Berdasarkan analisis kebutuhan fungsional, dilanjutkan dengan evaluasi hasil akhir dari pembuatan model dan aset untuk film pendek animasi 3D “Sloppy Duck” menggunakan pengujian alpha testing, di mana semua indikator terpenuhi. Dari hasil perhitungan kuesioner tentang faktor visualisasi model dan aset pada film tersebut, terbukti mencapai indeks kategori 'sangat baik'. Diharapkan dengan penelitian ini, pembaca dapat memahami lebih dalam tentang proses pembuatan model dan aset dalam film animasi 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Modeling, Animasi 3D, Animasi, Environment | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:56 | ||
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |