IMPLEMENTASI TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA ANIMASI 3D FILM PENDEK “SLOPPY DUCK” SOFTWARE BLENDER

Afandi, Alfan (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA ANIMASI 3D FILM PENDEK “SLOPPY DUCK” SOFTWARE BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0623.zip
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi merupakan media yang menghadirkan cerita atau hiburan, mencakup baik animasi 2D maupun 3D. Dalam konteks film animasi 3D, penilaian terhadap kualitasnya tidak hanya didasarkan pada durasi film, namun juga sejauh mana film tersebut mampu mempengaruhi emosi penonton selama menontonnya. Tujuan dari penelitian ini adalah memperlihatkan tahapan implementasi teknik polygonal modelling pada film pendek animasi 3D “Sloppy Duck” menggunakan software blender. Manfaat Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar referensi bagi peneliti lain yang sejenis. Skripsi ini berfokus pada implementasi asset 3D poly modelling pada film animasi 3D “Sloppy Duck”. Yang bercerita tentang kelalaian seekor induk bebek dalam menjaga anaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data menggunakan referensi, analisis yang merangkum kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional. perancangan meliputi pra produksi, produksi, pasca produksi serta pengujian yang dilakukan melalui metode alpha testing dan kuesioner. Berdasarkan analisis kebutuhan fungsional, dilanjutkan dengan evaluasi hasil akhir dari pembuatan model dan aset untuk film pendek animasi 3D “Sloppy Duck” menggunakan pengujian alpha testing, di mana semua indikator terpenuhi. Dari hasil perhitungan kuesioner tentang faktor visualisasi model dan aset pada film tersebut, terbukti mencapai indeks kategori 'sangat baik'. Diharapkan dengan penelitian ini, pembaca dapat memahami lebih dalam tentang proses pembuatan model dan aset dalam film animasi 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Modeling, Animasi 3D, Animasi, Environment
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 07:56
Last Modified: 22 Nov 2024 07:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item