Fahrezi, Diva Rizki (2024) AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN BUDAYA JOGJA PADA SANGGAR SENI PUJO SUMAKNO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (628kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3500.zip Restricted to Repository staff only Download (49MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
Abstract
Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata 3D kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Augmented reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Saat ini, Augmented reality sudah banyak diterapkan diberbagai bidang kehidupan manusia, antara lain dibidang kedokteran, hiburan, engineering design, robotics, telerobotics, dan perikalanan. Sanggar Seni adalah suatu wadah atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan kegiatan pembelajaran seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajinan atau kriya, seni peran dan lain sebagainya. Sehingga dengan memanfaatkan teknologi AR pada sanggar seni pujo sumakno ini dapat mengenalkan sebuah budaya jogja yang ada pada sanggar seni pujo sumakno seperti alat musik tradisional, baju tradisional, rumah adat, senjata tradisional, dan lainnya. Teknologi AR sendiri dapat diharapkan untuk menarik minat para pelaku komunitas pelajar sanggar tersebut agar sanggar seni tersebut juga ikut maju seiring perkembangan jaman. Karena pesatnya dunia teknologi dapatmemudahkan pembelajaran maupun pengenalan budaya semakin mudah dilihat secara digital seperti halnya Augmented Reality ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Sanggar Seni, Teknologi, Pengenalan Budaya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:23 | ||
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28325 |
Actions (login required)
View Item |