SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTPHONE BAGI GAMER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Fatin, Fairuz (2024) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTPHONE BAGI GAMER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1603.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan perkembangan industri game yang pesat, pemilihan smartphone bagi para gamer bukan hanya sekadar kebutuhan, melainkan juga sebuah tantangan. Untuk memaksimalkan pengalaman bermain, para gamer membutuhkan perangkat yang tidak hanya menyajikan performa tinggi, tetapi juga sesuai dengan preferensi individu dan kebutuhan gaming yang beragam. Meskipun pasar menyediakan beragam pilihan smartphone, para gamer sering kali menghadapi kesulitan dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan gaming mereka. Tingginya kompleksitas spesifikasi dan variasi produk dapat membingungkan dan menghambat proses pengambilan keputusan yang cerdas. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem penunjang keputusan yang dapat membantu para gamer dalam proses pemilihan smartphone yang sesuai dengan preferensi maupun kebutuhan secara cepat dan efisien. Metode SAW adalah salah satu metode yang populer dan sederhana dalam mengatasi masalah multi-kriteria. Dalam metode ini, setiap faktor penilaian diberi bobot sesuai dengan tingkat kepentingannya dan nilai total dihitung untuk menentukan peringkat smartphone. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari berbagai kriteria yang relevan seperti harga, ram, rom, prosesor, baterai, kamera utama, kamera selfie, jenis layar, ukuran layar, dan dukungan pengisian. Setelah data dikumpulkan, bobot relatif untuk setiap kriteria ditentukan melalui proses perangkingan dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan pedoman yang lebih efisien dan terarah bagi gamer dalam memilih smartphone. Dengan adanya Sistem Penunjang Keputusan berbasis Metode Simple Additive Weighting, para gamer dapat mengoptimalkan pengalaman gaming mereka melalui pemilihan perangkat yang cocok sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sari, Bety Wulan
Uncontrolled Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Pemilihan Smartphone, Gamer, Simple Additive Weighting
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2024 07:30
Last Modified: 21 Nov 2024 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28280

Actions (login required)

View Item View Item