Fatin, Fairuz (2024) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTPHONE BAGI GAMER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1603.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dengan perkembangan industri game yang pesat, pemilihan smartphone bagi para gamer bukan hanya sekadar kebutuhan, melainkan juga sebuah tantangan. Untuk memaksimalkan pengalaman bermain, para gamer membutuhkan perangkat yang tidak hanya menyajikan performa tinggi, tetapi juga sesuai dengan preferensi individu dan kebutuhan gaming yang beragam. Meskipun pasar menyediakan beragam pilihan smartphone, para gamer sering kali menghadapi kesulitan dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan gaming mereka. Tingginya kompleksitas spesifikasi dan variasi produk dapat membingungkan dan menghambat proses pengambilan keputusan yang cerdas. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem penunjang keputusan yang dapat membantu para gamer dalam proses pemilihan smartphone yang sesuai dengan preferensi maupun kebutuhan secara cepat dan efisien. Metode SAW adalah salah satu metode yang populer dan sederhana dalam mengatasi masalah multi-kriteria. Dalam metode ini, setiap faktor penilaian diberi bobot sesuai dengan tingkat kepentingannya dan nilai total dihitung untuk menentukan peringkat smartphone. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari berbagai kriteria yang relevan seperti harga, ram, rom, prosesor, baterai, kamera utama, kamera selfie, jenis layar, ukuran layar, dan dukungan pengisian. Setelah data dikumpulkan, bobot relatif untuk setiap kriteria ditentukan melalui proses perangkingan dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan pedoman yang lebih efisien dan terarah bagi gamer dalam memilih smartphone. Dengan adanya Sistem Penunjang Keputusan berbasis Metode Simple Additive Weighting, para gamer dapat mengoptimalkan pengalaman gaming mereka melalui pemilihan perangkat yang cocok sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Penunjang Keputusan, Pemilihan Smartphone, Gamer, Simple Additive Weighting | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:30 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28280 |
Actions (login required)
View Item |