PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE

Fatoni, Chafidh (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1707.zip
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Anak usia dini merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan yang mencakup aspek daya pikir, daya cipta, bahasa, dan komunikasi, yang semuanya mempengaruhi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan religius. Pendidikan anak usia dini sangat penting karena membentuk kerangka dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta menjadi landasan bagi pendidikan selanjutnya. Namun, observasi di TK PGRI Pabelan 2 menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional kurang menarik perhatian anak-anak, sehingga ada kebutuhan untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif. Penggunaan teknologi komputer sebagai media pembelajaran dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Multimedia interaktif, yang menggabungkan teks, gambar, suara, dan video, mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar anak. Media pembelajaran berbasis mobile, yang berpusat pada anak, dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis mobile menggunakan Smart Apps Creator, yang dirancang untuk perangkat Android. Aplikasi ini dibuat melalui metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan memperoleh evaluasi sangat baik dengan persentase 82,15% menurut skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemandirian belajar anak tentang jenis-jenis hewan ternak dan burung beserta suaranya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rahmi, Alfie Nur
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, TK PGRI Pabelan 2, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Aplikasi Android, Smart Apps Creator, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Hewan Ternak Dan Burung
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:24
Last Modified: 19 Nov 2024 02:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28127

Actions (login required)

View Item View Item