Fatoni, Chafidh (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1707.zip Restricted to Repository staff only Download (36MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan yang mencakup aspek daya pikir, daya cipta, bahasa, dan komunikasi, yang semuanya mempengaruhi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan religius. Pendidikan anak usia dini sangat penting karena membentuk kerangka dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta menjadi landasan bagi pendidikan selanjutnya. Namun, observasi di TK PGRI Pabelan 2 menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional kurang menarik perhatian anak-anak, sehingga ada kebutuhan untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif. Penggunaan teknologi komputer sebagai media pembelajaran dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Multimedia interaktif, yang menggabungkan teks, gambar, suara, dan video, mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar anak. Media pembelajaran berbasis mobile, yang berpusat pada anak, dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis mobile menggunakan Smart Apps Creator, yang dirancang untuk perangkat Android. Aplikasi ini dibuat melalui metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan memperoleh evaluasi sangat baik dengan persentase 82,15% menurut skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemandirian belajar anak tentang jenis-jenis hewan ternak dan burung beserta suaranya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, TK PGRI Pabelan 2, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Aplikasi Android, Smart Apps Creator, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Hewan Ternak Dan Burung | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:24 | ||
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28127 |
Actions (login required)
View Item |