PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME EDUKASI “BELAJAR MENGENAL ABJAD DAN ANGKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TK AISYIYAH BUSTANUL AFTHAL WONOSARI 2

Praing, Umbu David Adrian (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME EDUKASI “BELAJAR MENGENAL ABJAD DAN ANGKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TK AISYIYAH BUSTANUL AFTHAL WONOSARI 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-15.11.9063-Umbu David Adrian Praing - Umbu David Adrian Praing.rar
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.11.9063-Umbu David Adrian Praing - Umbu David Adrian Praing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat saat ini memiliki pengaruh kuat di berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Metode pembelajaran yang menerapkan teknologi IT menjadi pilihan agar proses pembelajaran lebih menarik dengan menggabungkan teknologi video game berbasis Android dengan buku-buku pendidikan. Bertujuan menciptakan suasana mengajar dan belajar agar lebih interaktif, menarik dan menyenangkan. Karena kehadiran fitur 2D (dua dimensi) dari objek yang berkaitan dengan materi. Media pembelajaran ini bertujuan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Memaksimalkan metode pembelajaran baru yang lebih efektif daripada menerapkan metode pembelajaran sebelumnya. Membuat ikatan dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa dan juga antara orang tua dan anak-anak lebih harmonis. Pada lembaga TK Asyiyah Bustanul Afthal Wonosari 2 dalam penyampaian materi tentang alfabet dan angka kepada anak-anak, proses pengajaran yang diajarkan masih konvensional, artinya hanya hadir dalam bentuk buku-buku TK sehingga membuat anak kurang antusias dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan media edukasi yang dikemas dengan media game untuk menarik perhatian anakanak. Dengan game edukasi ini diharapkan dapat membantu guru TK dalam proses pembelajaran sehingga lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Game, Efektif, Indonesia, Pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:32
Last Modified: 18 Aug 2023 02:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item