ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY WISATA CANDI PLAOSAN BERBASIS ANDROID

Saputra, Ramadhan Dwi (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY WISATA CANDI PLAOSAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2851.zip
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Saat ini antusias atau minat masyarakat belum sebanyak yang mengunjungi candi lain, padahal Candi Plaosan juga terdapat nilai budaya yang dapat dipelajari. Oleh karena itu dengan adanya daya tarik wisata budaya, maka perlu untuk dikembangkan. Candi Plaosan yang menyimpan cerita sejarah kebudayaan, akan lebih dikenal dan menarik bagi masyarakat baik yang berjutuan wisata ataupun untuk edukasi jika diintegrasikan dengan teknologi sebagai media melalui virtual reality. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membangun aplikasi virtual reality pada Candi Plaosan berbasis Android sebagai media edukasi agar lebih menarik dan meningkatkan daya tarik pengunjung. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) yang dimana grafika komputer digunakan untuk menciptakan dunia yang terlihat realistis. Aplikasi Plaosan Virtual reality ini dibuat sebagai sebuah media yang bisa menghadirkan serta menghidupkan imajinasi bagi para penikmatnya. Sehingga seolah-olah penikmat mengalami serta merasakan keadaan yang sesungguhnya. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi aplikasi Virtual Reality sebagai sarana pembelajaran berhasil memberikan pengalaman yang menarik dan interaktif bagi masyarakat luas. Evaluasi penggunaan aplikasi Virtual Reality mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan dan kenyamanan pengguna sebesar 96,3% yang artinya dapat dikategorikan sangat layak untuk implementasikan. Disamping itu, aplikasi Virtual Reality juga meningkatkan pemahaman masyarakat maupun siswa terhadap nilai budaya pada Candi Plaosan. Maka, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil menerapkan teknologi VR sebagai media pembelajaran untuk mengenali sejarah dan nilai budaya pada Candi Plaosan. Diharapkan bahwa pengembangan lebih lanjut dan distribusi aplikasi ini akan memberikan manfaat yang lebih luas dalam proses pembelajaran sejarah pada Candi Plaosan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Candi Plaosan, Pengenalan Sejarah Kebudayaan Candi Plaosan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:27
Last Modified: 14 Nov 2024 07:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28056

Actions (login required)

View Item View Item