Sandi, Tegar Julian (2024) MEMBANGUN VISUAL NOVEL INTERAKTIF “REBIRTH: WARRIOR’S REDEMPTION” DENGAN PENDEKATAN MULTI-ENDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1265.zip Restricted to Repository staff only Download (94MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia hiburan, termasuk dalam perkembangan visual novel yang semakin populer. Namun, kebanyakan visual novel yang ada masih terbatas pada satu alur cerita dengan satu akhir yang linear. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah visual novel interaktif berjudul "Rebirth: Warrior’s Redemption" dengan pendekatan multi-ending menggunakan Ren'Py. Masalah yang diteliti adalah bagaimana pendekatan multi-ending dapat diimplementasikan secara efektif dan tantangan apa saja yang muncul dalam proses pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perancangan cerita, pengembangan menggunakan Ren'Py, dan pengujian dengan melibatkan pengguna dari lingkungan Universitas Amikom Yogyakarta. Tahap perancangan cerita difokuskan pada pembuatan beberapa jalur cerita dan akhir yang berbeda berdasarkan pilihan pemain. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Ren'Py,sebuah alat pengembangan visual novel yang memungkinkan implementasi fitur interaktif. Pengujian melibatkan evaluasi dari pengguna untuk menilai kualitas cerita, interaksi, dan pengalaman bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multi-ending berhasil diimplementasikan dengan baik dalam visual novel "Rebirth: Warrior’s Redemption". Pengguna memberikan tanggapan positif terhadap variasi jalur cerita dan akhir yang berbeda. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan visual novel di Indonesia, serta menunjukkan potensi Ren'Py sebagai alat pengembangan yang efektif. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengembang game lokal dan akademisi yang tertarik pada pengembangan cerita interaktif. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan cerita tambahan dan mengeksplorasi penggunaan teknologi lain dalam pengembangan visual novel.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Visual Novel, Multi-Ending, Ren'Py, Pengembangan Game, Cerita Interaktif | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 01:57 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2024 01:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28019 |
Actions (login required)
View Item |