MEMBANGUN VISUAL NOVEL INTERAKTIF “REBIRTH: WARRIOR’S REDEMPTION” DENGAN PENDEKATAN MULTI-ENDING

Sandi, Tegar Julian (2024) MEMBANGUN VISUAL NOVEL INTERAKTIF “REBIRTH: WARRIOR’S REDEMPTION” DENGAN PENDEKATAN MULTI-ENDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1265.zip
Restricted to Repository staff only

Download (94MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia hiburan, termasuk dalam perkembangan visual novel yang semakin populer. Namun, kebanyakan visual novel yang ada masih terbatas pada satu alur cerita dengan satu akhir yang linear. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah visual novel interaktif berjudul "Rebirth: Warrior’s Redemption" dengan pendekatan multi-ending menggunakan Ren'Py. Masalah yang diteliti adalah bagaimana pendekatan multi-ending dapat diimplementasikan secara efektif dan tantangan apa saja yang muncul dalam proses pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perancangan cerita, pengembangan menggunakan Ren'Py, dan pengujian dengan melibatkan pengguna dari lingkungan Universitas Amikom Yogyakarta. Tahap perancangan cerita difokuskan pada pembuatan beberapa jalur cerita dan akhir yang berbeda berdasarkan pilihan pemain. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Ren'Py,sebuah alat pengembangan visual novel yang memungkinkan implementasi fitur interaktif. Pengujian melibatkan evaluasi dari pengguna untuk menilai kualitas cerita, interaksi, dan pengalaman bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multi-ending berhasil diimplementasikan dengan baik dalam visual novel "Rebirth: Warrior’s Redemption". Pengguna memberikan tanggapan positif terhadap variasi jalur cerita dan akhir yang berbeda. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan visual novel di Indonesia, serta menunjukkan potensi Ren'Py sebagai alat pengembangan yang efektif. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengembang game lokal dan akademisi yang tertarik pada pengembangan cerita interaktif. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan cerita tambahan dan mengeksplorasi penggunaan teknologi lain dalam pengembangan visual novel.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Visual Novel, Multi-Ending, Ren'Py, Pengembangan Game, Cerita Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:57
Last Modified: 14 Nov 2024 01:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28019

Actions (login required)

View Item View Item