IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA KUDA BERSAYAP DALAM FILM ANIMASI 2D PENDEK “PERTEMPURAN JOKOTOLE”

Haris, Abdurrahman (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA KUDA BERSAYAP DALAM FILM ANIMASI 2D PENDEK “PERTEMPURAN JOKOTOLE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.82.0032.zip
Restricted to Repository staff only

Download (77MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Perkembangan Teknologi saat ini di bidang industri animasi dalam pembuatan film sangat berpengaruh bagi Sebagian masyarakat sebagai media hiburan. Selain hiburan film animasi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang baik untuk menyampaikan sebuah pesan pada semua kalangan. Para animator dituntut agar dapat bekerja lebih cepat dalam memproduksi sebuah film animasi. Dengan Menggunakan Teknik pembuatan animasi Frame by frame menggunakan Krita, kemudian di gabungkan dengan latar belakang. Dan Proses editing menggunakan adobe premiere dapat membuat animasi ini tampak lebih sempurna. Animasi yang berceritakan tentang pertempuran Jokotole dan Sang kuda terbang yang bijaksana melawan kesombongan Dempo Awang, Di saat Jokotole dan sang kuda bersayap menghadapi kesulitan, sifat pantang menyerah dan mengorbankan diri demi orang yang dipercayai dan memanfaatkan lingkungan dan situasi yang ada untuk mencapai tujuan. Sedangkan Dempo Awang digambarkan dengan sebuah kebanggaan dan kesombongan yang membawa kehancuran pada dirinya sendiri. Penulisan ini menjelaskan proses Pembuatan film animasi dilakukan individual dengan tahapan, Pra produksi, Produksi dan Pasca produksi. Tahap pra produksi dan produksi yaitu pengembangan ide cerita, tema, sinopsis, pembuatan karakter, background dan storyboard. Dan terakhir pasca produksi meliputi proses editing. Tujuan Penulisan ini menjelaskan pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Manfaat penulisan ini dibuat, sebagai pembelajaran bagaimana Implementasi Frame by frame dalam pembuatan film animasi 2D. dan sarana hiburan dengan tujuan melestarikan budaya local.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: 2D, Animasi, Krita, Frame by Frame, Kuda Bersayap
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Nov 2024 04:02
Last Modified: 08 Nov 2024 04:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item View Item