ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME E-BUDI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN INDONESIA BERBASIS ANDROID

Wijaya, Mahendra Novan (2014) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME E-BUDI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN INDONESIA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (857kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah geografis luas dan kebudayaan yang sangat beragam. Keberagaman budaya tersebut dapat terlihat secara fisik yang bisa dilihat dari ragam bahasa, pakaian tradisional, makanan khas, upacara adat, kesenian yang di miliki dari setiap daerah. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki keragaman budayannya masing-masing. Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat terbawa arus globalisasi dan mulai melupakan adat istiadat warisan nenek moyangnya. Seiring dengan berkembangnya industri game mobile pada saat ini, game sekarang ini tidak hanya game berfungsi sebagai hiburan semata tetapi game dapat digunakan untuk media pembelajaran yang menarik, salah satunya pembelajaran mengenai kebudayaan di Indonesia. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah game E-BUDI Edukasi Budaya Indonesia yang di kembangkan menggunakan platform Android, di mana pemain akan di berikan pertanyaan tentang kebudayaan indonesia, yang mana pertanyaan itu akan berbentuk kata-kata, potongan video, penggalan mp3, sehingga dapat memberikan informasi mengenai Kebudayaan Indonesia dengan sangat jelas. Semoga dengan hadirnya game edukasi ini orang akan lebih memahami dan menghargai keaneka ragaman budaya yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Game, Game Edukasi, Pembelajaran, Kebudayaan Indonesia, Eclips
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:39
Last Modified: 15 Oct 2024 06:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item View Item