PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TEMPAT IBADAH DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI PAPONAN

Taqyudin, Kharis (2020) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TEMPAT IBADAH DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI PAPONAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
SourceCode-16.12.9033-KharisTaqyudin - Kharis Taqyudin.rar
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9033-KharisTaqyudin - Kharis Taqyudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan antara dunia virtual buatan komputer dengan dunia nyata. Teknologi ini dapat memproyeksikan objek visual dalam bentuk 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata. Teknologi augmented reality merupakan teknologi terobosan terbaru yang dapat mempermudah interaki antara manusia dengan komputer. Inovasi dalam teknologi ini sangat beragam salah satunya yaitu pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Saat ini, di SD Negeri Paponan Temanggung metode yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam materi pengenalan tempat ibadah di indonesia masih menggunakan metode ceramah dan pengadaan buku. Dengan diterapkannya teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran diharapkan dapat lebih menarik perhatian murid dalam mempelajari materi tersebut karena objek yang ditampilkan berbentuk 3 dimensi yang dapat memberikan visualisasi yang lebih jelas. Aplikasi augmented reality ini nantinya akan menghasilkan output berupa gambar 3 dimensi tempat-tempat ibadah yang ada di indonesia disertai dengan dekskripsi dari tempat ibadah tersebut. Aplikasi ini dirancang menggunakan platform android dengan menggunakan smartphone sebagai media visualisasi dalam pelacakan marker. Aplikasi yang sudah jadi dapat berfungsi sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Augmented reality,tempat ibadah,media pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2022 04:47
Last Modified: 16 Aug 2023 06:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item