Arifianto, Rifki (2024) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF DUNIA MATEMATIKA (DUMA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SDN CATURTUNGGAL 3 MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (873kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1657.zip Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang berkembang semakin pesat banyak berpengaruh pada bidang pendidikan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dapat digunakan untuk memodifikasi cara kegiatan belajar di sekolah, yaitu dengan cara memakai media pembelajaran interaktif. Akan tetapi, penggunaan media interaktif masih jarang diterapkan pada sekolah dasar. SDN Caturtunggal 3 merupakan salah satu sekolah yang melakukan penyampaian materi pembelajaran menggunakan metode kooperatif learning, ceramah, dan terkadang hanya menggunakan video sederhana, karena kurangnya alat peraga yang dapat digunakan untuk dijadikan bahan pembelajaran. Dengan cara penyampaian materi yang dilakukan tersebut menyebabkan siswa merasa cepat bosan dan mengalami kesulitan dalam memahami materi bilangan cacah dan pengukuran. Metode yang diterapkan untuk pembuatan aplikasi media interaktif adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada guru SDN Caturtunggal 3. Hasil pengujian dari aspek kelayakan aplikasi menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memperoleh nilai sebesar 89.00% masuk kategori sangat layak, dan hasil pengujian dari aspek pemahaman materi menunjukan hasil skala likert sebesar 81.5789474% masuk dalam kategori sangat paham.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Bilangan Cacah, Pengukuran, Media Interaktif, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:22 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26616 |
Actions (login required)
View Item |