Al Nazhari, Muhammad Elang (2024) PENERAPAN TEKNIK FRAME BY FRAME DALAM FILM ANIMASI PENDEK “GRAFTING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0463.zip Restricted to Repository staff only Download (166MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
Abstract
Perkembangan animasi pada era ini meningkat sangat pesat. Dari awalnya hanya berupa animasi 2D yang memiliki dua titik koordinat X dan Y, berkembang menjadi animasi 3D yang memiliki tiga titik koordinat X, Y, dan Z, dan berkembang lagi menajdi gabungan antara dua animasi 2D dan 3D, yang dinamakan animasi Hybrid. Animasi hybrid sendiri sudah mulai digunakan oleh studio animasi besar di jepang seperti Studio Mappa dan WIT Studio untuk mempersingkat proses produksi dan agar konsep visual animasi yang dibuat dapat tercapai. Pada film animasi pendek hybrid “Grafting” ini terdapat karakter dan visual effect (vfx) yang pembuatannya menggunakan teknik frame by frame, sedangkan background animasinya menggunakan environment 3D. Dari konsep cerita animasi ini pergerakan karakter dan vfx bersifat fantasi dan imajinatif, seperti karakter yang dapat melakukan gerakan terbang, lari cepat, bertarung, dan vfx seperti ledakan, pohon besar, portal di langit, dan sebagainya, sehingga teknik frame by frame merupakan teknik yang sesuai untuk konsep cerita bertema fantasi seperti ini. Teknik frame by frame sendiri merupakan sebuah teknik yang dibuat dari banyak gambar atau sketsa yang diurutkan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gerakan yang terlihat hidup. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teknik animasi frame by frame pada film pendek animasi berjudul “Grafting”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Grafting, 2D, Hybrid, Frame by Frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:09 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26560 |
Actions (login required)
View Item |