PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN LANGKA DI INDONESIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Chrisantio, Muhammad Dhuha (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN LANGKA DI INDONESIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0577.zip
Restricted to Repository staff only

Download (143MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Hewan liar yang dilindungi masih terancam punah karena harga jual dari hewan liar tersebut sangat tinggi. Banyaknya perburuan liar yang maka populasi hewan langka akan menurun, sudah jelas diatur dalam undang-undang mengenai larangan baik memperjual-belikan satwa yang dilindungi maupun memelihara atau memiliki satwa langka yang dilindungi tersebut. Dalam undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya dalam Bab V Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, pasal 21 ayat (2) menyebutkan bahwa setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup. Mengenalkan hewan-hewan langka kepada anak agar ikut serta untuk menjaga. Media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini saat ini adalah media pembelajaran interaktif yaitu belajar sambil bermain. Pada era digital penggunaan media pembelajaran interaktif diharapkan mampu membantu dalam meningkatkan pemahaman, dengan cara belajar yang berbeda maka anak tidak mudah bosan. Tujuan penelitian aplikasi ini memberikan informasi pada hewan tersebut seperti ciri-ciri dan didalam aplikasi terdapat game puzzle untuk membantu meningkatkan konsentrasi anak. Hasil dari penelitian ini, terdapat produk atau aplikasi untuk membantu anak mengenal hewan-hewan langka yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Amrullah, Agit
Uncontrolled Keywords: Hewan Langka, Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:01
Last Modified: 08 Nov 2024 06:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item