PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) DALAM PERANCANGAN APLIKASI “MENGENAL HEWAN” UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF SD NEGERI CIMONE 3

Nugraheni, Arizka Indah Dwi (2024) PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) DALAM PERANCANGAN APLIKASI “MENGENAL HEWAN” UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF SD NEGERI CIMONE 3. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.1051.zip
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)

Abstract

Dampak modernisasi membawa perubahan signifikan pada proses dan cara bermain serta belajar anak. Anak-anak cenderung lebih suka untuk bermain maupun belajar menggunakan gadget. Karena anak-anak masih dalam masa aktif maka mereka mudah bosan. Namun kebanyakan orang tua tidak mengamati, mendampingi, dan membatasi anak dalam penggunaan gadget. Sehingga banyak anak melihat tontonan atau bermain game yang tidak sesuai dengan umur mereka. Hal ini akan sangat berdampak bagi tumbuh kembang dari anak-anak, maka dari itu penulis membuat sebuah aplikasi interaktif media yang berisikan permainan dan juga berbagai ilmu pengetahuan khususnya di bidang pengenalan hewan. Penulis menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle dalam proses perancangan hingga pengembangan dari aplikasi “Mengenal Hewan”. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara yang dilakukan secara langsung di SD Negeri Cimone 3. Target pengguna dari aplikasi multimedia interaktif ini adalah guru dan siswa/siswi SD Negeri Cimone 3 kelas 1 dan 2. Aplikasi ini juga akan dibagikan kepada pihak SD Negeri Cimone 3 dengan harapan akan berguna untuk membantu pembelajaran di tahun ajaran berikutnya. Hasil dari projek skripsi pembuatan aplikasi interaktif media “Mengenal Hewan” untuk SD Negeri Cimone 3 ini yaitu digunakannya aplikasi dan menjadi sebuah alternatif lain untuk para guru dalam memberikan materi di bidang pengenalan hewan untuk kelas 1 dan 2 SD. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh ahli multimedia dan guru-guru di SD Negeri Cimone 3 untuk mengetahui seberapa baik penelitian yang telah dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kebutuhan fungsional dari perancangan aplikasi “Mengenal Hewan” untuk pembelajaran interaktif SD Negeri Cimone 3 telah terpenuhi dengan baik dan produk penelitian telah diuji oleh ahli dalam bidang multimedia dan mendapatkan skor sebesar 93% yang menunjukkan hasil dengan kategori “Sangat Baik”. Selain itu, khalayak umum juga memberikan skor sebesar 93,7% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Multimedia Development Life Cycle, Aplikasi, Multimedia Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:48
Last Modified: 06 Nov 2024 06:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item